test

News

Sabtu, 27 Januari 2024 10:48 WIB

Polisi Gagalkan Penyeludupan Satu Kontainer Rokok di Pelabuhan Tunon Taka

Editor: Hadi Ismanto

Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri mengamankan satu kontainer yang diduga berisi ratusan ball rokok. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri)

PMJ NEWS - Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri mengamankan satu kontainer atau peti kemas yang diduga berisi ratusan ball rokok dengan pita cukai palsu di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Rabu (24/1/2024).

Dari pantauan langsung yang dilakukan di lapangan sekitar pukul 16.20 WITA, personel dari Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri membuka salah satu ball dari ratusan ball berwarna coklat berisi rokok dengan merek Arrow.

Saat diperlihatkan rokok tersebut menggunakan pita cukai 12 batang dan merupakan cukai dari rokok kretek. Namun, setelah dibuka rokok tersebut merupakan rokok filter dengan isi 20 batang.

Komandan KP Pelikan-5008 Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kompol Rieska Ardi Wibowo mengatakan tim berhasil mengungkap adanya upaya penyelundupan rokok merek Arrow yang di selundupkan melalui kontainer di pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

"Dari hasil pemeriksaan sementara, didapati kontainer ini berisikan rokok merk Arrow sebanyak 268 ball yang berisi 214.400 bungkus rokok dengan pita cukai palsu atau tidak sesuai peruntukannya," jelas Rieska Ardi Wibowo dikutip pada Sabtu (27/1/2024).

Lebih lanjut Rieska mengungkapkan, penyeludupan rokok Arrow tanpa cukai ini telah melanggar Pasal 55 huruf a dan b UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai.

"Kita masih melakukan pemeriksaan lebih lanjutan kita akan koordinasi ini pihak Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Nunukan," tukasnya.

BERITA TERKAIT