test

Kesehatan

Sabtu, 27 Januari 2024 12:38 WIB

Tak Disangka, Ini Empat Manfaat Makan Popcorn Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Di balik kerenyahannya, popcorn memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Popcorn dikenal sebagai cemilan yang populer di berbagai kelompok usia. Tapi tak disangka, di balik kerenyahan popcorn tersimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Sebagai cemilan yang rendah kalori, popcorn juga memiliki banyak serat dan antioksidan. Baik serat maupun antioksidan dikenal dapat membantu mencegah sejumlah risiko masalah kesehatan.

Selain itu, popcorn diketahui mengandung sejumlah zat gizi yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Beberapa contohnya adalah folat, niacin, riboflavin, thiamin, pantothenic acid, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Seperti dilansir dari laman WebMD, Sabtu (24/1/2024), berikut sederet manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi popcorn.

1. Menurunkan Resiko Diabetes
Konsumsi makanan whole grain seperti popcorn bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Indeks glikemik popcorn juga terbilang rendah sehingga dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, terutama bagi penyandang diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Asupan serat yang tinggi, termasuk serat dari popcorn, bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, kandungan serat yang tinggi di dalam popcorn mampu membantu memenuhi kebutuhan asupan serat yang penting bagi pola makan seimbang.

3. Menurunkan Resiko Hipertensi
Konsumsi popcorn tanpa tambahan topping garam atau mentega yang tinggi juga dapat menunjang pengelolaan tekanan darah. Bahkan, konsumsi popcorn minim garam dan mentega juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

4. Mengontrol Berat Badan
Hidangan popcorn tak hanya mengandung beragam zat gizi tetapi juga tinggi akan serat. Oleh karena itu, popcorn dapat menjadi opsi cemilan yang mengenyangkan sekaligus rendah kalori bagi orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

BERITA TERKAIT