test

News

Sabtu, 27 Januari 2024 19:06 WIB

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Pantau Harga Komoditas Pokok

Editor: Hadi Ismanto

Satgas Pangan Polri melakukan pengecekan ketersediaan bahan pangan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Satgas Pangan Polri mulai menurunkan tim untuk memonitor ketersediaan dan harga komoditas bahan pokok. Langkah tersebut dilakukan dalam rangka menjelang Lebaran 2024.

"Sudah, kebetulan Wakasatgas Pangan Pak Brigjen Helfi dengan tim kemarin dari Jogja, kemudian ke Lombok, dan saat ini ke Kendari sedang memantau hal tersebut," ungkap anggota Satgas Pangan Polri, Kombes Pol Samsul Arifin kepada wartawan, Sabtu (27/1/2023).

Dalam memantau harga bahan pokok ini, lanjut Samsul, Satgas Pangan Polri akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait. Hal ini untuk mengontrol harga di pasaran.

"Kami bekerja sama dengan kementerian/lembaga. Saat ini tim juga masih di lapangan untuk memonitor," ucapnya.

"(Tim) kemudian melihat juga situasi di pasar, supaya antara produsen dan distributor ini tidak terlalu jomplang, sehingga masyarakat tidak mendapat kendala tentang pangan," sambungnya.

Menurut Samsul, yang menjadi fokus utama Satgas Pangan Polri adalah ketersediaan komoditas bahan pokok di pasar. Tujuannya agar masyarakat dapat tetap memperoleh bahan makanan dengan mudah.

"Kan semua ada harga acuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Yang paling ideal adalah mendekatkan ke harga acuan itu supaya kalaupun memang ada kenaikan, tidak terlalu tinggi," terangnya.

"Barangnya ada, itu yang harus kita pastikan dulu, stoknya ada, sehingga masyarakat bisa memperoleh bahan makannya, itu yang paling utama," imbuhnya.

BERITA TERKAIT