test

Kesehatan

Senin, 29 Januari 2024 12:37 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Olahraga Selama 30 Menit Sehari

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga dapat menenangkan dan menurunkan tingkat stres di otak.. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Seorang personal trainer Blink Fitness, Ellen Thompson meyebut olahraga 30 menit per hari menjadi hal produktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Bahkan menurut para peneliti di Universitas Kopenhagen, berolahraga selama 30 menit setiap hari sama efektifnya dalam menurunkan berat badan dan massa tubuh seperti berolahraga selama satu jam penuh.

"Rata-rata, pria yang berolahraga 30 menit sehari kehilangan 3,6 kilogram dalam tiga bulan, sedangkan mereka yang berolahraga satu jam penuh hanya kehilangan 2,7 kilogram," ungkap Mahasiswa Departemen Ilmu Biomedis, Mads Rosenkilde.

"Penurunan massa tubuh sekitar empat kilogram untuk kedua kelompok," sambungnya.

Seperti dilansir laman Eat This Not That, Senin (29/1/2024), berikut delapan manfaat olahraga selama 30 menit bagi kesehatan dan kebugaran tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
Umumnya direkomendasikan oleh American Heart Association untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit, lima hari sepekan, untuk menghindari penyakit kardiovaskular (CVD).

"Olahraga teratur memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi. Hal ini menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung dan kondisi kardiovaskular degeneratif lainnya," ungkap Thompson

2. Mangontrol Berat Badan
Tetap aktif sangat membantu dalam membakar kalori dan membentuk massa otot, yang keduanya membantu penurunan berat badan dan pengelolaan berat badan.

Penelitian yang dilakukan Universitas Kopenhagen, menghasilkan penurunan berat badan sekitar delapan pon dalam jangka waktu tiga bulan bagi pria yang berolahraga hanya 30 menit sehari.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Anda akan mendapatkan sedikit peningkatan kekebalan tubuh saat melakukan aktivitas fisik selama 30 menit. “Olahraga teratur dikaitkan dengan penguatan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi dengan lebih efektif," jelasnya.

Jadi, tidak mengherankan jika menambahkan aktivitas fisik selama 30 menit saja dalam sehari, dapat meningkatkan peluang untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot.

4. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda merasa jauh lebih baik setelah berolahraga? Bukan sekadar merasa bangga pada diri sendiri karena telah berolahraga.

"Olahraga melepaskan endorfin, yang merupakan hormon alami tubuh yang membuat tubuh merasa nyaman," ucapnya.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Pola olahraga yang sehat harus mencakup keseimbangan yang kuat antara latihan kardio dan kekuatan.

"Latihan menahan beban, seperti berjalan kaki dan latihan ketahanan, membantu membangun dan mempertahankan kepadatan tulang yang penting untuk mencegah osteoporosis dan patah tulang seiring bertambahnya usia," tukasnya.

BERITA TERKAIT