test

Kesehatan

Rabu, 31 Januari 2024 11:04 WIB

5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Minyak zaitun atau olive oil memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Minyak zaitun atau olive oil berasal dari perasan buah zaitun utuh. Minyak jenis ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena asam meiiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal (MUFA) khususnya asam oleat yang sangat tahan terhadap oksidasi.

Senyawa dalam minyak zaitun dipercaya dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker tertentu. Seperti dirangkum dari laman Wellbeing News, Rabu (31/1/2024), berikut sederet manfaat minyak zaitun bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Minyak zaitun adalah landasan diet Mediterania yang menekankan buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, susu, ikan, serta lebih sedikit daging merah dan makanan olahan. Diet itu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Pola makan Mediterania yang menyertakan minyak zaitun dikaitkan dengan pengendalian tekanan darah yang lebih baik. Polifenol dalam minyak zaitun dapat berkontribusi pada peningkatan relaksasi pembuluh darah, sehingga meningkatkan tingkat tekanan darah.

3. Mengurangi Resiko Stroke
Penelitian komprehensif menunjukkan bahwa minyak zaitun, yang kaya akan MUFA, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit strok. Memasukkan minyak zaitun ke dalam menu pun bisa menurunkan risiko depresi dan meningkatkan suasana hati.

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Sebuah studi pada 2015 mengungkap bahwa orang lanjut usia yang mengikuti pola makan Mediterania dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan mengalami peningkatan fungsi kognitif. Itu jika dibandingkan dengan orang yang menjalani pola makan rendah lemak.

5. Mengontrol Kadar kolesterol
Konsumsi minyak zaitun dapat menyebabkan perubahan kadar kolesterol yang menguntungkan. Tingginya kadar asam oleat dan efek perlindungan polifenol menjadikan minyak zaitun pilihan bijak untuk kesehatan jantung.

BERITA TERKAIT