test

News

Senin, 5 Februari 2024 12:05 WIB

Kontak Tembak dengan TNI-Polri, Tiga Orang Kelompok KKB Tewas

Editor: Hadi Ismanto

Tim Gabungan TNI-Polri Duduki 2 Markas KKB Pimpinan Elkius Kobak. (PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Kontak senjata terjadi antara anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Jacky Murib dengan personel TNI-Polri. Peristiwa ini terjadi di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia mengatakan kontak tembak ini terjadi saat personel TNI-Polri sedang melaksanakan patroli gabungan, Sabtu (3/2/2024) sekitar pukul 12.11 WIT.

Aparat keamanan menerima laporan bahwa Puskesmas Omukia di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, telah menjadi sasaran pembakaran kelompok KKB wilayah Kepala Air. TNI-Polri kemudian menuju Puskesmas Omukia untuk melakukan pengecekan.

"Suara tembakan terdengar dari belakang Puskesmas Omukia, dan terjadi kontak tembak antara personel TNI-Polri dengan kelompok KKB wilayah Kepala Air," ungkap I Nyoman Punia dikutip pada Senin (5/2/2024).

Tak sampai disitu, personel gabungan TNI-Polri kemudain melakukan pengejaran terhadap anggota KKB. Sebanyak tiga orang dari kelompok tersebut berhasil diembak mati, dan satu lainnya ditangkap.

"Dalam pengejaran yang dilakukan, aparat berhasil mengamankan satu anggota KKB yang merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Ilaga," tuturnya.

"Warinus Murib, seorang anggota KKB, tewas dalam kejadian. Sedangkan dua orang lainnya, AM dan DK, diduga merupakan anggota KKB kelompok Numbuk Telenggen," sambungnya.

Sementara Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno memberikan rincian barang bukti yang berhasil diamankan oleh aparat selama pengejaran.

"Dari tadi malam kami bersama-sama dengan Satgas TNI-Polri yg ada di ilaga telah melakukan pengejaran dan penegakan hukum, kami berhasil menangkap tiga KKB beserta barang buktinya," jelas Bayu.

Barang bukti antara lain satu pucuk senjata api jenis mouser, 2 pucuk senapan angin, 1 lembar bendera BK, 1 buah handphone, 1 magazen jenis SS1 dan 17 butir amunusi kaliber 5,56.

"Perlu diketahui bahwa dari 3 KKB didapati 1 KKB dalam keadaan tewas, sedangkan 2 KKB lainnya dalam keadaan terluka" tukas Bayu.

BERITA TERKAIT