test

Kesehatan

Minggu, 11 Februari 2024 11:05 WIB

5 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Editor: Hadi Ismanto

Rutin berenang dipercaya ampun untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Rutin berenang dipercaya ampun untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga ini dapat membakar kalori lebih efektif dari pada aktivitas olahraga lainnya, sehingga cocok untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Selain itu, berenang juga merupakan olahraga yang bagus untuk kesehatan mental. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/2/2024), berikut sederet manfaat berenang.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu manfaat utama berenang adalah menjaga kesehatan jantung. Selama berenang, tubuh bekerja keras untuk menggerakkan seluruh otot, termasuk jantung.

Aktivitas ini membantu melatih jantung untuk memompa darah dengan lebih efisien, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

2. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Paru
Selain baik untuk jantung, berenang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Saat berenang, tubuh akan menggunakan paru-paru untuk mengatur napas secara teratur dan efisien.

Dengan begitu, paru-paru akan terlatih untuk mengembangkan kapasitasnya dalam menyerap oksigen, sehingga mampu mengoptimalkan proses respirasi.

3. Mengurangi Nyeri Sendi
Berolahraga renang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya adalah mengurangi nyeri sendi. Saat berenang, tubuh bergerak dalam air yang memberikan tekanan yang rendah pada sendi, sehingga dapat mengurangi gejala nyeri sendi.

Selain itu, gerakan-gerakan saat berenang juga meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi, sehingga dapat mengurangi kekakuan dan meningkatkan mobilitas. Sehingga dapat mengurangi peradangan pada sendi, yang merupakan salah satu penyebab nyeri sendi.

4. Menurunkan Berat Badan
Berenang merupakan olahraga yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan berenang, tubuh akan terus bekerja untuk menggerakkan seluruh otot, sehingga membakar banyak kalori.

Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang berarti tubuh akan membakar kalori lebih efisien. Selama berenang, tubuh akan mengkonsumsi energi dari lemak yang tersimpan, sehingga membantu mengurangi lemak tubuh.

5. Mengurangi Stres
Manfaat berenang untuk kesehatan tidak hanya terbatas pada fisik, tetapi juga dapat membantu dalam mengurangi stres. Berenang adalah salah satu olahraga yang diakui dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh.

Saat berenang, tubuh akan menggerakan seluruh otot sehingga dapat membantu meredakan ketegangan dan stres yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, adanya kontak antara air dengan tubuh juga dapat memberikan efek menenangkan dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

BERITA TERKAIT