test

Kesehatan

Sabtu, 17 Februari 2024 12:43 WIB

Dear Petugas KPPS, Begini Lima Cara Tepat Tangani Stres Pasca Pemilu

Editor: Hadi Ismanto

Petugas KPPS bisamengalami kelelahan hingga stres. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bekerja siang malam untuk menjaga dan merekap hasil pemilu di TPS. Hal ini tentu bisa membuat para anggota mengalami kelelahan hingga stres.

Untuk itu, perlu penanganan yang tepat agar ini tak menganggu kesehatan para petugas KPPS. Seperti dikutip dari laman American Psychological Association, Sabtu (17/2/2024), berikut cara tepat menangani stres bagi para petugas KPPS.

1. Istirahat Sejenak
Istirahat sejenak di waktu senggang. Mengurus perhitungan suara yang begitu banyak seharian tentu akan membuat pikiran suntuk dan meningkatkan stres.

Anda bisa berhenti sejenak dan melemaskan tubuh saat ada waktu istirahat. Cara ini dapat memulihkan tenaga dan fokus pada otak. Selain itu, istirahat sejenak juga bisa membuat Anda lebih rileks dan tenang.

2. Meditasi
Teknik seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, dan mindfulness dapat membantu menghilangkan stres. Mulailah dengan meluangkan beberapa menit untuk melakukan meditasi ini.

Tak perlu repot-repot, Anda bisa melakukannya dengan singkat dimulai dengan menarik napas dalam agar tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang.

3. Tidur yang Cukup
Saat ada kesempatan, gunakanlah untuk memperbaiki waktu tidur dan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk manajemen stres yang efektif. Hindari terlalu banyak mengonsumsi kafein agar kualitas tidur Anda bisa lebih baik.

4. Bicara dengan Teman
Kemudian cara menghilangkan stres pasca Pemilu 2024 dengan berbicara kepada teman. Cobalah untuk berinteraksi dengan kawan terdekat Anda agar mengurangi ketegangan pada pikiran.

Dengan berinteraksi bersama teman-teman, Anda bisa lebih rileks dan menghibur diri sehingga stres bisa lebih berkurang.

5. Dukungan Orang Terdekat
Satu lagi cara menghilangkan stres pasca Pemilu 2024 adalah menerima dukungan atau support dari orang terdekat. Dukungan tersebut akan sangat berharga terutama di tengah rasa lelah dan stres setelah Pemilu.

Untuk itu, usahakan tak menutup diri dari orang terdekat meski Anda tengah sibuk saat menjadi anggota KPPS. Dukungan dan semangat dari mereka sangat penting untuk membangkitkan semangat dan menghilangkan stres pada pikiran Anda.

BERITA TERKAIT