test

News

Rabu, 21 Februari 2024 16:09 WIB

Masyarakat Jangan Khawatir, Stok Beras Dipastikan Aman Hingga Ramadhan

Editor: Fitriawan Ginting

Mendag Zulkifli Hasan. (Foto: PMJ/Dok Kemendag).

PMJ NEWS -  Stok beras dipastrikan aman hingga Ramadan dan Idul Fitri. Hal itu dipastikan langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Hingga saat ini stok beras masih diangka 1,4 juta ton.

“Untuk pasokan beras tidak ada masalah. Berasnya banyak cuma altenatif beras Bulog,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

Dijelaskan Zulkifli, jumlah 1,4 juta ton beras ini akan terus ditambah dengan masuknya beras impor. Sehingga total stok beras menjadi 2 juta ton beras.

“Beras-beras ini merupakan program Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang digelontorkan pemerintah melalui Perum Bulog. Untuk harga yang dipatok beras SPHP pada zona 1 yakni Rp 10.900 per kilogram, zona 2 Rp11.500 per kilogram, dan zona 3 Rp11.800 per kilogram,” urainya.

Zulkifli menekankan, bahwa stok beras untuk SPHP tidak mengalami kelangkaan. Namun, untuk beras premium, harganya naik lantaran suplainya berkurang.

"Jadi tidak masalah berasnya, hanya yang biasa beras apa namanya, beras premium ada yang biasa Cianjur, ada yang biasa Demak, ada yang biasa apa, kan itu biasanya sungkan beralih. Kita anjurkan untuk beralih karena beras Bulog tidak kalah bagus sebetulnya," pungkasnya.

BERITA TERKAIT