test

News

Jumat, 23 Februari 2024 22:01 WIB

Bertemu Gubernur DIY, Korlantas Polri Jajaki Program Kerjasama Smart City

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan bersama Kapolda DIY menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan bersama Kapolda DIY menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam rangka kerjasama program Smart City di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (23/2/2024).

"Jadi kami dari Polri Korlantas tahun ini akan mengoperasionalkan atau akan membangun Smart City yang berbasis Road Safety Policing artinya Smart City yang basisnya memang untuk keselamatan di jalan," ungkap Kakorlantas Polri.

Melalui program Smart City berbasis Road Safety Policing, nantinya masyarakat DIY akan mendapatkan informasi seputar lalu lintas guna meningkatnya kualitas keselamatan dan menurunnya tingkat fatalitas bagi korban kecelakaan.

"Program dari Korlantas bisa mendapatkan data terkait kelancaran lalu lintas di kota Yogya, menghitung kapan kita harus melakukan rekayasa lalu lintas dengan algoritma yang ada, kapan persimpangan harus dibangun underpass atau flyover kemudian lamanya traffic light," jelasnya.

Dengan program Smart City diharapkan keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta bisa lebih baik dan dapat memberikan pelayanan dengan kecanggihan teknologi.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X mengatakan program Smart City dapat meningkatan pelayanan pemkot kepada masyarakat khususnya dibidang kenyamanan dan keamanan serta dapat mengatasi masalah kemacetan di kota/kabupaten DIY.

"Kita bisa bangun kerjasama untuk mengatur karena Yogya ini bukan kota besar, bukan kota metropolitan tapi nanti tol makin selesai makin crowded, bagaimana kita ngatur untuk keamanannya kenyamanannya menyangkut masalah trafficnya," tukas Sri Sultan.

BERITA TERKAIT