test

Kesehatan

Kamis, 29 Februari 2024 12:36 WIB

Wajib Tahu, Lima Tanaman Ini Bisa Redakan Stres dan Kecemasan

Editor: Hadi Ismanto

Stres berat jangan sampai berkepanjangan karena dapat memicu risiko tekanan darah tinggi. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Tanaman bisa menjadi salah satu penyeimbang yang sangat efektif dalam meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Bahkan menghiasi ruangan dengan tumbuhan hias berdampak positif terhadap mental.

Menurut peneliti, keberadaan tumbuhan hias dalam ruangan dapat membantu menenangkan suasana hati, mengurangi tingkat stres, dan menurunkan tekanan darah. Karenanya, disarankan untuk memiliki tanaman di dalam rumah guna meningkatkan kesehatan mental individu.

Seperti dilansir dari HGTV, Kamis (28/2/2024), berikut ini lima tanaman yang terbukti efektif untuk meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Simak selengkapnya.

1. Lavender
Para ahli aroma terapi merekomendasikan aroma lavender yang harum dan menyejukkan suasana hati. Wangi tanaman hias ini dapat menenangkan para penderita kecemasan untuk mengurangi stres.

Tumbuhan ini disarankan untuk ditempatkan tepat di samping tempat tidur atau dalam pot kecil di kamar mandi.

2. Melati
Selain lavender, aroma khas dari bunga melati mempunyai efek menenangkan suasana hati pengidap kecemasan. Tanaman hias ini juga cocok bagi individu yang memiliki insomnia atau kualitas tidur kurang baik.

Oleh sebab itu, Anda dapat menempatkannya di samping tempat tidur atau jendela guna memberikan nuansa menyegarkan.

3. Pakis
Tumbuhan pakis berguna mengembalikan kelembapan kualitas udara. Warna hijau dari tanaman hias ini memberikan keindahan dan menyimpan beragam manfaat kesehatan mental, seperti mampu mengatasi stres dan meningkatkan sirkulasi.

Anda dapat menempatkan tanaman pakis pada pot atau digantung di dalam rumah.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya terkenal dengan beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Lebih lanjut, mampu membersihkan polutan udara yang memicu iritasi pada sistem pernapasan, stres, dan ketidaknyamanan pengidap depresi.

5. Kemangi
Aroma khas kemangi memiliki senyawa aktif linalool mirip dengan wangi rempah-rempah. Manfaat dari tanaman ini dapat meningkatkan kualitas udara dan memompa oksigen selama 20 jam setiap hari.

Oleh sebab itu, kemangi menjadi pilihan yang tepat bagi pengidap stres atau depresi untuk mengurangi tekanan darah dan menenangkan suasana hati Anda.

BERITA TERKAIT