test

News

Senin, 4 Maret 2024 12:31 WIB

Pimpin Apel HUT Satpol PP dan Sarlinmas, Mendagri Tito Minta Selalu Siaga

Editor: Fitriawan Ginting

Mendagri Tito Karnavian pimpil Apel Puncak HUT Satpol PP. (Foto; PMJ/Dok Kemendagri).

PMJ NEWS - Apel gelar pasukan di Istana Gubernur Sumatera Barat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas pada Minggu 3 Maret 2024, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam kesempatan tersebut, Tito Karnavian menekankan peran strategis Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga situasi kondusif selama tahapan pemilu dan pilkada. Kesiapsiagaan terhadap potensi gangguan trantibumlinmas menjadi kunci sukses pelaksanaan pemilu dan pilkada yang aman dan damai.

"Saya meminta gubernur untuk mengkoordinasikan langkah-langkah antisipatif di daerah masing-masing, khususnya kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas. Meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum sehingga proses demokrasi dan pemulihan ekonomi berjalan bersamaan," kata Tito Karnavian ke seluruh peserta upacara Satpol PP.

Satpol PP telah membuktikan peran strategisnya saat pelaksanaan tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif pada 14 Februari 2024. Keberhasilan tersebut menjadi modal bagi Satpol PP untuk menjaga ketentraman masyarakat dengan sikap tegas namun humanis selama pelaksanaan pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

"Saya berharap, Satpol PP dan Satlinmas terus meningkatkan profesionalisme, menciptakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, dan mendukung terciptanya ketertiban umum," ungkapnya.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan yang saat ini juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA turut hadir memeriahkan gelaran acara tersebut.

Ia berharap kiprah Satpol PP dan Satlinmas di seluruh indonesia terus diperkuat, baik dalam rangka pelaksanaan operasi yustisi maupun non yustisi.

"Teruslah menjadi pengayom masyarakat yang dicintai rakyat. Dirgahayu Satpol PP Ke-74 dan Satlinmas Ke-62. Semoga semakin profesional untuk mengawal tugas ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat. Salam Praja Wibawa" tandas Safrizal

Acara Apel Gelar Pasukan ditutup dengan pemberian penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada 10 Kepala Daerah terpilih. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri sebagai bentuk apresiasi atas dukungan Gubernur dan Bupati/Wali Kota dalam meningkatkan peran Satpol PP didaerahnya.

BERITA TERKAIT