test

Entertainment

Rabu, 6 Maret 2024 17:24 WIB

Hanya di Prambanan Jazz 2024, Musisi Dunia dari India Ar Rahman Siap Tampil

Editor: Fitriawan Ginting

Musisi dunia AR Rahman akan tampil di Prambanan Jazz Festival 2024. (Foto: PMJ/Gtg).

PMJ NEWS - Sekitar jelang akhir tahun 2015 silam, dua anak muda pecinta musik dalam negeri memutuskan untuk berkolektif ria dalam sesaji seni pertunjukan. Waktu itu, mereka berdua mencoba menyuguhkan perpaduan antara festival musik jazz berskala internasional dengan warisan agung abad ke-9 yakni Candi Prambanan yang dimaknai sebagai jembatan diplomasi kultural sebagai penyumbang penguatan jenama nasional dalam khasanah kebudayaan kita.

Berkembang selama 10 tahun hingga tahun 2024 ini, Prambanan Jazz Festival sebagai brand yang diusung mereka terus bergerak tanpa henti, kehidupan dan penghidupan bertumbuh dalam senyawa pecinta musik, mulai dari penikmat, musisi, pegiat industri bahkan akademisi, dan nyatanya turut memunculkan berbagai wacana juga mimpi-mimpi luhur, yang bermekaran berkat intensnya aktivitas festival.

Satu dekade Prambanan Jazz, menurut Anas Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival dan Rajawali Indonesia, tak sekedar memadupadankan musik dengan eksotisme kemegahan monumental Candi Prambanan, tapi ekosistem Industri musik mampu saling berpelukerat dengan pariwisata.

“Kehadiran Prambanan Jazz Festival sebagai bagian dari music tourism, justru menjadi pemantik ekonomi kreatif tumbuh dan berkembang,” tukasnya, Selasa (5/3/2024) di Jakarta.

Prambanan Jazz Festival setiap tahunnya selalu menyuguhkan special show yang menjadi ciri khasnya. Setelah Diana Krall, musisi jazz klas dunia peraih dua penghargaan Grammy Award kategori ‘Best Jazz Vocal Performance’, kemudian musisi dan komposer legendaris dunia, Yanni. Prambanan Jazz Festival yang akan berlangsung mulai 5 s/d 7 Juli 2024 ini, menghadirkan AR Rahman, pencipta lagu “Jai Ho” dan “Chaiyya Chaiyya”.

Penerima penghargaan Grammy Awards dan Oscar asal India ini. Menurut Anas Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival dan Rajawali Indonesia, majalah prestisius Time di pekan pertama Mei 2004 atau dua dekade silam menyebutnya Mozart dari Madras, saya sangatlah masygul,” ujar Anas Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival dan Rajawali Indonesia.

“Bukan apa, India yang datang ke kehidupan saya saat remaja adalah serupa Bronx yang penuh dengan berita kekerasan, bencana alam, tata kelola hidup yang kacau, dan kemiskinan,“ lanjutnya.

Bandingkan dengan paragraf pertama Time yang menggambarkan seperti apa AR Rahman. Seperti Gershwin maupun Lennon dan McCartney, AR Rahman adalah perwujudan dari harmoni, kualitas, energi, kerendahan hati; sebuah suara pribadi sekaligus universal, melahap begitu banyak bentuk lama dan mengubahnya menjadi sesuatu yang sangat baru,” lanjut Anas.

Itu kalimat-kalimat bertenaga. Itu kalimat yang optimistis. Tentu saja, pujaan. Bukan kalimat penuh debu, rongsok, kelabu, dan harapan layu lampah.

“Rahman memang India yang saya tidak kenal. Di partitur musik Rahman tertera India yang sangat berbeda. India yang sampai di negeri saya adalah India utara yang berbeda sama sekali dengan dunia Rahman,” terang Anas.

Allah Rakha Rahman, sekali lagi menukil Time, adalah wujud dari kejeniusan Mozart yang disumbang oleh India. Dan, AR Rahman mendapatkan apa saja yang diimpikan seorang musisi dalam jagat musik dunia. Ia menyabet Grammy Award untuk karya monumentalnya Jai Ho. Sekaligus, Rahman mengangkat tinggi-tinggi Academy Award untuk Lagu Orisinil Terbaik.

AR Rahman yang tampil pada 6 Juli nanti, menjadi bagian pertiwa penting kebudayaan satu dekade Prambanan Jazz Festival. Menghadirkan cahaya terang yang dipancarkan Asia untuk adi musik di panggung berlatar adikarya masa silam yang dipunyai Indonesia: Candi Prambanan.

“Tentunya, dengan sederet kebaruan penyelenggaraan, baik itu area lebih luas, sederet artis musisi pendukung, aktivity lebih variatif dan lengkap,” tukas Tovic Raharja, Direktur Utama Rajawali Indonesia.

Sekitar 5.000 tiket disiapkan untuk special show nanti. Untuk itu, segera dapatkan tiket pertunjukan Prambanan Jazz Festival di Traveloka dan nikmati pertunjukan musik jazz unik dan megah di situs wisata warisan dunia. Seluruh informasi terkait penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2024 dapat di akses di www.prambananjazz.com dan sosial media @prambananjazz (Instagram, X, Facebook), @prambananjazzfestival (Tiktok, Youtube).


BERITA TERKAIT