test

News

Sabtu, 16 Maret 2024 20:06 WIB

Kemenko PMK Perkirakan Hari Raya Idul Fitri Tak Ada Perbedaan Tanggal

Editor: Hadi Ismanto

Kemenko PMK menggelar rapat koordinasi lintas sektor persiapan Idul Fitri 1445 hijriah dan arus mudik Lebaran 2024. (Foto: PMJ News/Dok Kemenko PMK)

PMJ NEWS - Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memperkirakan perayaan Idul Fitri 2024 tidak ada perbedaan tanggal. Namun, kepastianya tetap harus menunggu hasil sidang isbat.

Pernyataan itu disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito saat memimpin rapat koordinasi lintas sektor persiapan Idul Fitri 1445 hijriah dan arus mudik Lebaran, Jumat (15/3/2024).

"Perayaan Idul Fitri tahun 1445 hijriah ini sepertinya tidak terjadi perbedaan, meskipun tetap harus menunggu hasil sidang isbat di akhir Ramadan nanti," ungkap Warsito dikutip laman resmi Kemenko PMK, Sabtu (16/3/2024).

Pada kesempatan yang sama, Warsito juga mengatakan pemerintah akan melakukan berbagai upaya agar pelaksanaan Idul Fitri dan mudik Lebaran tahun ini berjalan baik.

"Sesuai dengan arahan Presiden pada sidang kabinet bulan lalu, kita harus dapat menyiapkan dengan baik pelaksanaan Idul Fitri 1445 H dan arus mudik tahun 2024 ini," tuturnya.

Warsito menjelaskan, setidaknya ada tiga hal utama yang harus diantisipasi menjelang Lebaran. Mulai dari ketersediaan bahan pokok dan kesiapan insfrastuktur jalan.

"Tiga hal yaitu jaminan beribadah dengan khusyuk, ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok, serta kesiapan infrastruktur jalan dan moda transportasi," terangnya.

BERITA TERKAIT