test

News

Senin, 18 Maret 2024 18:11 WIB

Polri Pastikan Situasi Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024 Aman-Kondusif

Editor: Hadi Ismanto

Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri memastikan situasi menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI aman dan kondusif.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Baharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran saat menyambangi Kantor KPU RI di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024).

"Situasi sampai dengan saat ini berdasarkan laporan yang kami terima dari jajaran, alhamdulillah situasi kondusif, situasi aman," ujar Fadil Imran kepada wartawan.

Fadil menjelaskan, aparat kepolisian bakal terus disiagakan sejak menjelang pengumuman, pengumuman bahkan hingga rangkaian sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi. Adapun pengerahan jumlah personel pengamanan ini akan disesuaikan.

"Tentu kalau situasinya landai normal tetap kita akan lakukan situasi normal. Tapi kalau ada manakala peningkatan eskalasi tentu akan terjadi penambahan personel," tuturnya.

Menurut Fadil, keberhasilan pengamanan rekapitulasi di tingkat nasional merupakan komitmen Polri untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Ia pun mengimbau masyarakat untuk bersatu dalam momen pengumuman ini.

"Pengalaman tahun 2019 menjadi pelajaran buat kita semua bahwa kita semua harus bersatu menerima apa yang telah menjadi pilihan masyarakat, pilihan rakyat," terangnya.

"Sehingga dalam hal yang terkait dengan sengketa kepemiluaan ada jalur-jalur penyelesaian sengketa melalui PHPU," imbuhnya.

BERITA TERKAIT