test

News

Selasa, 19 Maret 2024 16:09 WIB

Kurangi Sampah Plastik, Warga Jakarta Diimbau Bawa Wadah Saat Beli Takjil

Editor: Hadi Ismanto

Masyarakat disarankan menggunakan wadah makan dan minum yang dipakai ulang saat membeli takjil. (Foto: PMJ News/Twitter)

PMJ NEWS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengajak masyarakat yang menjalankan ibadah puasa menjaga kelestarian lingkungan atau konsep green Ramadan. Salah satunya dengan mengurangi sampah plastik saat membeli takjil.

Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan masyarakat bisa menggunakan wadah makan dan minum yang dipakai ulang serta menghindari membeli makanan dan minuman untuk berbuka puasa dengan kemasan plastik sekali pakai.

"Bulan Ramadan merupakan momentum untuk memulai perhatian kita terhadap hubungan dengan lingkungan. Kita bisa menunjukkan rasa syukur dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," ungkap Asep dalam keterangannya, Selasa (19/4/2024).

"Semoga penggunaan kantong guna ulang di Jakarta makin maksimal di bulan Ramadan ini karena DLH sudah menyediakan tempat tas guna ulang spunbond di pasar tradisional, semoga bisa dimanfaatkan," sambungnya.

Asep juga mengimbau masyarakat mengurangi sisa makanan dengan cara masak makanan secukupnya sesuai kebutuhan. Apabila masih ada hidangan berbuka puasa yang tersisa, bisa dimakan kembali saat sahur.

"Prinsipnya kita kurangi food loss seperti saat distribusi bahan pangan di pasar-pasar dan kurangi food waste (sisa makanan) sikap mubazir dalam konsumsi," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Asep turut mengajak umat muslim untuk menghemat air ketika berwudu. Dia mencontohkan air bekas wudu pun bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

"Saat berwudu, pastikan untuk menggunakan air secara efisien. Tutup keran saat tidak digunakan dan hanya gunakan air sebanyak yang diperlukan untuk setiap langkah wudu, dan gunakan air bekas wudu untuk menyiram tanaman," jelasnya.

Terakhir, Asep mengajak seluruh warga untuk lebih bijak menggunakan energi seperti mematikan lampu dan peralatan elektronik saat tidak digunakan. Ia berpesan, semua ini harus dilakukan demi lingkungan yang lebih baik.

"Dengan menjaga lingkungan, kita telah menunjukkan rasa syukur kita. Semoga Ramadan tahun ini menjadi Ramadan yang penuh berkah dan bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan," tukasnya.

BERITA TERKAIT