test

News

Kamis, 21 Maret 2024 14:06 WIB

Kasus LPEI, KPK Akan Koordinasi dengan Kejagung Agar Tidak Tumpang Tindih

Editor: Fitriawan Ginting

Gedung KPK. (Foto: PMJNews).

PMJ NEWS - Terkait kasus dugaan korupsi pembiayaan ekspor dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), KPK akan melakukan koordinasi dengan pihak Kejagung. Ini dilakukan agar tidak ada timpang tindih atas penyelesaian kasus yang sama.

Disampaikan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, KPK dan Kejagung bisa mengusut kasus yang sama jika konteks dugaan korupsinya berbeda. Menurutnya, KPK dan Kejagung harus saling bersinergi dalam penyelesain kasus ini.

"Kalau perusahaannya beda, bisa saja misalnya menyangkut banyak perusahaan nanti kami koordinasi. Kita bagi saja nanti kejaksaan berapa perusahaan nanti KPK berapa perusahaan," kata Alexander Marwata, Rabu (20/3/2024).

"Kemarin yang kami paparkan baru satu, tapi ada enam perusahaan itu curang. Dan kami tadi sudah investigasi dengan ibu Sari itu Deputi Investigasi," lanjutnya.

Meski demikian, Alex tidak memaparkan nama-nama perusahaan yang terindaksi fraud tersebut. Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Senin (18/3/2024), juga melaporkan kasus tersebut ke Kejagung.

Alex-pun membantah tudingan yang menyebutkan adanya saling rebut penanganan perkara ini antara KPK dengan Kejagung. Ia menjelaskan, KPK sudah menangani kasus tersebut sejak menerima laporan kurang lebih dari satu tahun yang lalu.

BERITA TERKAIT