test

Kesehatan

Jumat, 22 Maret 2024 12:37 WIB

Sering Diolah Jadi Takjil, Ini Lima Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Kolang kaling memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Hampir semua orang tentu pernah makan kolang kaling. Makanan berwarna putih bening dengan tekstur yang padat dan kenyal ini populer saat bulan Ramadan untuk diolah menjadi hidangan pencuci mulut dan campuran es buah.

Kolang kaling memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Olahan dari buah pohon aren ini mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan.

Seperti dikutip dari laman Health Line, Jumat (22/3/2024), berikut sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi kolang-kaling:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C dan antioksidan lainnya dalam kolang kaling membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Kolang kaling mengandung kalium, yang membantu menjaga tekanan darah normal dan fungsi jantung yang sehat. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Menurunkan Resiko Diabetes
Kolang kaling memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung serat larut yang membantu mengontrol kadar gula darah. Ini membuatnya cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai camilan yang sehat.

4. Menyegarkan Tubuh
Kolang kaling mengandung banyak air dan memiliki rasa yang segar. Sehingga sering kali dikonsumsi sebagai camilan atau minuman penyegar di daerah tropis.

5. Baik untuk Pencernaan
Serat dalam kolang kaling membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

BERITA TERKAIT