test

News

Jumat, 22 Maret 2024 13:34 WIB

Jalur Demak Banjir, Polri Siapkan Rekayasa Lalin Saat Arus Mudik Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Raden Slamet Santoso saat memberikan keteragan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korlantas Polri menyiapkan skema rekayasa lalu lntas di ruas jalan Pantura Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, saat arus mudik Lebaran 2024. Diketahui, banjir yang menggenangi wilayahh tersbeut sempat melumpuhkan lalu lintas.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol Raden Slamet mengatakan pihak kepolisan telah menyiapkan beberapa cara untuk mengurai kemacetan saat arus mudik nanti.

"Katakanlah misal dari 40 juta yang potensi pergerakan itu melewati jalur darat itu ada beberapa, kita ada yang menggunakan jalan tol dan non-tol," ungkap Slamet di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

"Nah sedangkan untuk jalan tol itu ada beberapa kegiatan-kegiatan yang akan kita antisipasi," sambungnya.

Lebih lanjut Slamet mengatakan, salah satu cara yang diterapkan dengan memberlakukan sistem contraflow satu lajur. Dia juga menyebut untuk pengaturan ganjil-genap menjadi opsi terakhir.

"Mungkin dengan contraflow satu lajur, contraflow dua lajur, dan oneway, dan alternatif terakhir adalah dengan ganjil-genap, itu alternatif terakhir yang akan kita lakukan," tuturnya.

"Mudah-mudahan dengan kita berlakukan itu di jalan Tol VCR-nya itu bisa turun di bawah 0,6 sehingga itu mudik bisa nyaman dan aman," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Slamet, pemudik juga bisa menggunakan jalur alternatif. Slamet juga menjelaskan pihaknya akan menerapkan pembatasan angkutan barang mulai 5 April 2024.

"Kemudian untuk di jalan arteri kita persiapkan jalur-jalur alternatif arteri, itu sudah cukup bagus hampir 98 persen ready mereka, termasuk rest area-nya. Kemudian mulai tanggal 5 (April) itu mulai diberlakukan pembatasan angkutan barang," tukasnya.

BERITA TERKAIT