test

Kesehatan

Sabtu, 23 Maret 2024 12:44 WIB

Segar Buat Berbuka Puasa, Ini Lima Manfaat Delima Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Makan buah delima segar atau sekadar minum jus buahnya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Pixabay)

PMJ NEWS - Di bulan ramadan, mengonsumsi buah delima saat berbuka puasa tentu sangat menyegarkan. Selain kaya serat, buah ini juga mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat dan gula.

Sejumlah studi bahkan mengungkap bahwa makan buah delima segar atau sekadar minum jus buah delima memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari beberapa penyakit.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/3/2024), berikut sederet manfaat mengonsumsi buah delima bagi kesehatan tubuh:

1. Turunkan Resiko Penyakit Jantung
Penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu melindungi jantung Anda dengan berbagai cara, seperti menurunkan tekanan darah serta kadar gula darah.

Buah delima memiliki senyawa polifenol yang disebut punicalagins atau ellagitannins. Antioksidan ini membantu mencegah penebalan dinding arteri dan menurunkan penumpukan kolesterol dan plak.

2. Turunkan Resiko Kanker
Buah delima kaya akan antioksidan dan flavonoid, keduanya membantu mencegah radikal bebas merusak sel Anda. Dalam beberapa penelitian, buah delima menunjukkan potensi dalam membantu mencegah kanker prostat, payudara, paru-paru dan usus besar.

Selain itu, studi praklinis pada hewan menunjukkan bahwa makan buah delima dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor paru-paru, kulit, usus besar dan prostat.

3. Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh
Buah delima dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah mengonsumsi ekstrak delima.

4. Mencegah Hipertensi
Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pharmacological Research menemukan bahwa seseorang yang secara rutin minum jus delima dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat ini bisa didapatkan setidaknya mengonsumsi delima dua minggu sekali.

Delima memiliki kandungan antioksidan polifenol yang berfungsi efektif dalam melawan aterosklerosis serta peradangan pembuluh darah. Sehingga buah delima mampu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

5. Mencegah Alzheimer
Buah delima dapat mencegah penyakit alzheimer. Kandungan polifenol yang terdapat pada buah delima dipercaya mampu menjadi sumber dari sifat anti radang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum jus delima secara rutin dapat memperlambat penumpukan plak amiloid.

BERITA TERKAIT