test

News

Selasa, 26 Maret 2024 14:39 WIB

Hari Ini, PT KAI Buka Pendaftaran Mudik Gratis Tujuan Semarang

Editor: Hadi Ismanto

Kereta Api Indonesia. (Foto: PMJ/Dok KAI).

PMJ NEWS - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan 480 tiket mudik gratis untuk KA Tawang Jaya Premium kelas ekonomi relasi Pasar Senen-Semarang Tawang Bank Jateng.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan program Mudik Gratis ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan syarat wajib memiliki KTP atau tercatat dalam Kartu Keluarga (KK). Pendaftaran dibuka pada 25-26 Maret 2024.

Joni menambahkan, pemesanan tiket gratis dapat pula dilakukan secara online tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi Access by KAI mulai 26 Maret 2024 pukul 14.00 WIB.

"Pemesanan di Access by KAI dilakukan dengan cara memilih relasi Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng atau relasi parsial di antara kedua stasiun tersebut," ungkap Joni dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024).

Adapun 1 orang peserta mudik dapat membawa 1 bayi berusia di bawah 3 tahun, tanpa mengurangi kuota peserta namun tidak mendapatkan nomor tempat duduk. Sementara proses check-in dan boarding tetap sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Mudik gratis ini KAI laksanakan dalam rangka mendukung program Mudik Asyik BUMN Tahun 2024 yang merupakan agenda rutin BUMN, sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, PT KAI Daop I Jakarta telah menyediakan 1.664 kereta api (KA) dengan rata-rata 76 perjalanan per hari. Sementara KA tambahan sebanyak 366 KA atau rata-rata 17 perjalanan per hari.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, ada beberapa hal yang diupayakan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan mudik dan balik.

Pertama, keberangkatan KA Lebaran dari Jakarta dilakukan dari empat stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Bekasi.

Kedua, PT KAI telah menambah dua rangkaian kereta Api baru tujuan Jawa Barat, yakni KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir-Stasiun Banjar, Tasikmalaya dan KA Papandayan rute Stasiun Gambir-Stasiun Garut.

"Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang sehingga tidak menumpuk di satu stasiun," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Senin (25/3/2024).

BERITA TERKAIT