test

News

Kamis, 28 Maret 2024 19:07 WIB

Antisipasi Banjir Demak-Kudus, Korlantas Polri Siapkan 3 Jalur Arternatif

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan meresmikan ruangan Traffic Accident Analysis. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan tiga jalur alternatif Pantai Utara (Pantura) Demak-Kudus untuk para pemudik Lebaran 2024. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya jalur tersebut terdampak banjir sangat parah.

"Nalau nanti terjadi banjir di tempat yang sama Demak, Kudus, kita sudah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk pengalihan arus," ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan di Mabes Polri, Kamis (28/3/2024).

Aan menjelaskan, ketiga jalur tersebut di antaranya ada yang melalui Sayung, Purwodadi, Blora, Rembang. Kemudian yang kedua, melalui Semarang, Kedungmundu langsung ke Kudus ya.

"Ada terakhir yang melalui Semarang, Purwodadi, Blora, Rembang. Jadi sudah kita siapkan alternatif,” terangnya.

Lebih lanjut Aan mengungkapkan, Korlantas Polri juga telah memetakan wilayah-wilayah yang dinilai rawan bencana. Selanjutnya akan disiapkan langkah antisipasi.

"155 titik yang kita petakan rawan bencana, termasuk bencana banjir," ucapnya.

Sementara terkait kondisi jalan di Demak-Kudus yang rusak akibat banjir, Aan menyebut saat ini masih proses perbaikan. Dipastikan jalan akan bisa dilintasi pada saat arus mudik Lebaran.

"Jalur pasca banjir terutama di KM 41 sampai 45 terdampak sangat parah di Demak-Kudus, ya, itu dari PUPR sudah menjamin waktu pengerjaan perbaikan ini H-10 tadi sudah mantap sudah 95% kemantapannya, artinya bisa dilalui dengan baik," tukasnya.

BERITA TERKAIT