test

News

Jumat, 29 Maret 2024 13:02 WIB

Gelar Operasi Ketupat, Kakorlantas Minta Personel Tak Terpaku Rutinitas

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan meminta personel yang bertugas saat Operasi Ketupat 2024 tidak terpaku pada rutinitas pengamanan semata, tetapi harus tanggap terhadap situasi yang dapat mengganggu kelancaran arus mudik-balik Lebaran.

"Dalam pelaksanaan tugas, mari kita tidak hanya fokus pada hal-hal rutin," ujar Aan Suhanan dalam Latihan Pra Operasi (Latpraops) Ketupat 2024 di Mabes Polri, Kamis (28/3/2024).

Lebih lanjut Aan menjelaskan, Operasi Ketupat merupakan kegiatan tahunan dalam rangka pengamanan Lebaran. Namun, dinamikanya selalu berubah setiap tahun, dengan adanya tantangan baru yang muncul.

"Oleh karena itu, para personel yang terlibat diharapkan tidak menjalankan tugasnya secara mekanis," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Urai Kemacetan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Satgas ini dibentuk untuk memaksimalkan kelancaran dan keselamatan pemudik," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan saat dikonfirmasi, Selasa (26/3/2024).

Sebanyak 500 kendaraan roda dua didistribusikan kepada sub satgas untuk membantu mengurai kemacetan di titik-titik rawan. Pembentukan satgas ini didasari oleh potensi tingginya volume kendaraan dan perkiraan 193,6 juta pemudik pada tahun ini.

"Jalur darat masih menjadi primadona bagi para pemudik, sehingga strategi khusus perlu diterapkan untuk melayani mereka," ucapnya.

Satgas Urai Kemacetan akan berfokus pada penyelesaian permasalahan di “trouble spot” yang sering mengakibatkan kemacetan, seperti pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau gangguan lainnya.

BERITA TERKAIT