test

News

Sabtu, 30 Maret 2024 12:48 WIB

Korlantas Polri Siapkan Skema Pengawalan Pemudik Motor ke Penyeberangan

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan beri keterangan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan mengawal pemudik sepeda motor saat mudik-balik Lebaran 2024. Pemotor dikawal dari zona penyangga hingga pelabuhan untuk penyeberangan.

"Beberapa strategi yang sudah kita siapkan, dealing system dan menghentikan di buffer zone, juga kita akan mengawal para pemudik yang menggunakan sepeda motor dari buffer zone," ungkap Kakorlantas Irjen Aan Suhanan dikutip pada Sabtu (30/3/2023).

Menurut Aan, buffer zone atau zona penyangga itu seperti di jalur arteri di Cikupa. Zona penyangga ini kerap kali terjadi kepadatan oleh kendaraan bermotor, khususnya roda dua.

Nantinya, lanjut Kakorlantas, pemudik menggunakan sepeda motor akan dikawal hingga Pelabuhan Ciwandan, Banten, agar tidak terjadi kemacetan.

"Jadi, pengawalannya dari mulai buffer zone yang sudah kita siapkan nanti kumpulkan di situ, di pelabuhan kosong kita akan kawal sampai ke pelabuhan, yang kami maksud seperti itu ya," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan berharap perjalanan pemudik pada Lebaran 2024 bisa berlangsung dengan aman dan lancar.

Pernyataan tersebut disampaikan Aan Suhanan saat melepas Tim Ekspedisi Mudik Elshinta menjelang Mudik di Gedung Djayusman Korlantas Polri, Cawang, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

"Ikuti arahan petugas, aturan lalu lintas yang ada agar mudik dan balik tahun ini bisa selamat lancar amanah nyaman mudik ceria dan penuh makna," ungkap Aan Suhanan kepada wartawan.

Aan menambahkan, Korlantas Polri mendukung keberhasilan kelancaran dan keselamatan selama arus mudik tahun ini tidak lepas dari kolaborasi dan sinergi yang terjalin cukup baik.

BERITA TERKAIT