test

News

Minggu, 31 Maret 2024 15:01 WIB

Krisis di Gaza, 3 Kapal Bantuan Bawa 400 Ton Makanan Menuju Gaza

Editor: Fitriawan Ginting

Kapal membawa makanan menuju Gaza. (Foto: PMJ/dok World Central Kitchen ).

PMJ NEWS -  Tiga kapal dan satu tongkang konvoi meninggalkan pelabuhan di Siprus, Sabtu (30/3/2024). Mereka menuju Gaza membawa 400 ton makanan dan persediaan lainnya di tengah kekhawatiran kelaparan di wilayah tersebut meningkat.

Badan amal World Central Kitchen mengatakan kapal-kapal membawa muatan yang cukup untuk menyiapkan lebih dari satu juta makanan. Mengutip Associated Press, Minggu (31/3/2024), bahan-bahan tersebut juga siap dimakan seperti nasi, pasta, tepung, kacang-kacangan, dan sayuran kaleng.

"Juga dikirimkan adalah kiriman kurma khusus yang disediakan oleh Uni Emirat Arab untuk memberikan rasa nyaman bagi warga Palestina yang menjalankan Ramadhan di saat-saat paling kelam yang bisa dibayangkan. Kurma secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa sehari-hari," tulis World Central Kitchen (WCK) di situsnya, Sabtu (30/3/2024).

Ini merupakan kapal bantuan ke Gaza kedua yang diberangkatkan dari Siprus. Kapal pertama awal bulan ini mengirimkan 200 ton makanan, air dan bantuan lainnya.

Belum diketahui kapan kapal-kapal tersebut akan mencapai Gaza. Menurut WCK, pihaknya sudah memberikan lebih dari 43 juta makanan melalui darat, udara, dan laut kepada warga Palestina.

Para pejabat kemanusiaan mengatakan pengiriman melalui laut dan udara tidaklah cukup. Israel harus mengizinkan lebih banyak bantuan masuk melalui jalan darat.

Pengadilan tinggi PBB bahkan telah memerintahkan Israel membuka lebih banyak penyeberangan darat. Mahkamah Internasional juga memerintahkan Israel mengambil tindakan lain untuk mengatasi krisis ini.

BERITA TERKAIT