test

News

Rabu, 3 April 2024 12:05 WIB

Mulai Hari Ini Stasiun Merak Ditutup Sementara, Pemudik Tak Bisa Naik KRL

Editor: Fitriawan Ginting

Perjalanan KRL Commuter Line. (Foto: PMJ News/Twitter @CommuterLine)

PMJ NEWS - Sementara waktu moda KRL Commuter Line yang melayani penumpang menuju Pelabuhan Merak tidak beroperasi. Layanan KRL menuju Stasiun Merak akan berhenti sementara mulai H-7 Lebaran, 3 April 2024. Dengan begitu pemudik menuju Merak tak bisa gunakan KRL untuk sementara waktu.

Hal ini merujuk surat Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Nomor AJ.201/2/19/DRJD/2024 tentang Operasional Kereta Api di Stasiun Merak Pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 (1445 H), diperlukan langkah antisipasi penguraian kemacetan pada Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni, khususnya pada kondisi peak season angkutan Lebaran 2024 ini.

PT KAI (Persero) bersama Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan melakukan penyesuaian dan rekayasa operasional kereta api dan lalu lintas angkutan darat di kawasan pelabuhan penyebrangan Merak-Bakauheni.

"Mulai 3-9 April 2024 atau atau H-7 hingga H-1 Lebaran, Stasiun Merak akan ditutup sementara untuk pelayanan naik dan turun pengguna KRL Merak," kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Rabu (3/4/2024).

Disampaikan Anne, pada periode tersebut layanan KRL Commuter Line Merak dari Stasiun Rangkasbitung perjalanannya hanya sampai Stasiun Cilegon untuk kembali menjadi perjalanan Stasiun Cilegon-Stasiun Rangkasbitung.

Untuk mobilisasi pengguna yang menuju ke Stasiun Merak dari Stasiun Cilegon akan disiapkan transportasi lanjutan. Jadwal dan kedatangan transportasi lanjutan inj akan disesuaikan dengan kedatangan dan keberangkatan KRL Merak di Stasiun Cilegon.

"Pada periode tersebut, jadwal pemberangkatan Commuter Line Merak dari Stasiun Rangkasbitung maupun dari Stasiun Cilegon tidak mengalami perubahan, tetap sama jadwalnya," sambung Anne.

Adapun untuk jumlah perjalanan KA Lokal Merak tidak mengalami perubahan, yakni sebanyak 14 perjalanan tiap hari. Menurut catatan KAI Commuter, saat ini rata-rata volume pengguna KRL Commuter Line Merak sebanyak 10-11 ribu orang tiap harinya.

Anne menyampaikan, untuk pelayanan pengguna di Stasiun Cilegon, KAI Commuter akan menyiapkan fasilitas layanan tambahan serta menyiagakan petugas tambahan di area stasiun.

"KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanan terkait penyesuaian pola operasi pelayanan Commuter Line Merak ini, semoga tidak menyurutkan perjalanan para pemudik untuk tetap menggunakan kereta api," jelas Anne.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menggandeng asosiasi angkutan umum kota (Angkot) Cilegon menghadirkan layanan antar jemput gratis bagi pengguna jasa kapal ferry dari stasiun Cilegon menuju Pelabuhan Merak, Banten.

BERITA TERKAIT