test

News

Senin, 8 April 2024 12:37 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Tidur bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Tidur menjadi rutinitas wajib dan berdampak luar biasa bagi kesehatan. Namun seiring padatnya aktivitas, terkadang bisa membuat seseorang sulit mendapatkan waktu istirahat.

Seperti dikutip dari laman News18, Senin (8/4/2024), berikut dampak positif tidur bagi kesehatan tubuh:

1. Kesehatan Jantung
Kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Nah, tidur berkualitas membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan sistem kardiovaskular yang lebih sehat.

2. Mengontrol Berat Badan
Tidur mempengaruhi hormon rasa lapar dan metabolisme. Pasalnya, kurang tidur kerap dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas, karena dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan.

3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Tidur yang berkualitas memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Tidur yang konsisten sangat penting untuk menjaga kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

4. Mengurangi Stres
Tidur adalah pereda stres alami. Ini membantu menurunkan hormon stres, meningkatkan rasa relaksasi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres sehari-hari.

5. Memperpanjang Usia
Penelitian menunjukkan bahwa tidur teratur dan cukup dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup. Ini adalah komponen mendasar dari gaya hidup sehat yang berkontribusi terhadap umur panjang secara keseluruhan.

Memprioritaskan tidur yang baik adalah aspek mendasar dalam menjaga kesehatan. Kebiasaan ini juga berdampak positif pada kesejahteraan fisik, mental, dan emosional, menjadikannya komponen penting dari gaya hidup sehat.

BERITA TERKAIT