test

News

Senin, 8 April 2024 13:35 WIB

Tinjau Pospam-Posyan Mudik, Kapolres Tangkot Minta Istirahat Jika Lelah

Editor: Hadi Ismanto

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho melakukan monitoring Pospam dan Posyan Operasi Ketupat 2024. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho melakukan monitoring dan pengecekan personel pengamanan pada pos Pengamanan (pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Ketupat 2024.

Adapun pos tersebut di antaranya lima Pos Pengamanan dan tiga Pos Pelayanan didirikan di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya. Pos ini untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Zain mengatakan, kegiatannya pada empat hari menjelang Hari Raya Lebaran di pospam dan posyan mudik 2024 ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel menghadapi arus mudik.

"Saya lihat sudah terjadi peningkatan penumpang cukup signifikan di terminal Poris Plawad. Tadi juga telah diberangkatkan sebanyak 25 bus mudik gratis dari Kemenhub. Dan untuk besok, ada 75 Bus Gratis," ungkap Zain dikutip pada Senin (8/4/2024).

Dalam monitoring yang dilakukan, Zain juga berkesempatan menemui para kru bus yakni Pengemudi dan Kernet. Ia pun mengingatkan mereka untuk selalu berhati-hati. Dia mengimbau apabila mengantuk dan lelah segera istirahat jangan dipaksakan.

Patuhi aturan lalu lintas, pengemudi dan kernet bus mudik diminta meng-update informasi terkait perkembangan arus lalulintas di beberapa ruas jalan yang akan dilalui.

"Kita menginginkan para penumpang agar tetap waspada dan menjaga barang bawaannya. Apabila ada keluhan sakit bisa mendatangi posko pelayanan. Kita telah siapkan tenaga kesehatan yang sewaktu-waktu dapat membantu melakukan pemeriksaan," tuturnya.

Lalu, terhadap potensi tindak kejahatan yang timbul lantaran tingginya jumlah penumpang di terminal seperti pelaku copet, hipnotis, pelaku menggeser barang bawaan penumpang dan lain-lain sebagainya. Petugas juga secara siaga akan mengantisipasi hal tersebut.

"Ada 30 personel setiap harinya di Posyan. Setiap waktu kita lakukan patroli rutin. Petugas juga akan selalu mengingatkan penumpang menjaga diri dan keselamatan barang bawaannya," tukasnya.

Adapun lima lokasi Pospam berada di Jalan Kisamaun, Jalan Jendral Sudirman, TangCity Mall, Jalan HOS Cokroaminoto, CBD Ciledug, Perumahan Magnolia Residences, Jatake dan Jalan Laksamana Yos Sudarso PIK 2 Aloha.

Sementara untuk tiga Posyan berada di Terminal Poris Plawad, Rest Area KM 14 Arah Merak-Jakarta dan Rest Area KM 13,5 Pinang Arah Jakarta-Merak.

BERITA TERKAIT