test

News

Sabtu, 13 April 2024 07:09 WIB

Arus Balik Lebaran, Korlantas Siapkan Delaying Sistem Menuju Pelabuhan

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan usai Rakor Pengamanan Arus Balik Idul Fitri 1445 H. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas menuju pelabuhan dengan delaying sistem. Penerapan ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan pada Rakor Pengamanan Arus Balik Idul Fitri 1445 H bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi dan Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno.

"Beberapa opsi untuk mengatur atau mengurai arus yang masuk ke pelabuhan, akan memberlakukan delaying sistem," ujar Aan Suhanan di Gedung Serba Guna Polda Lampung, Jumat (12/4/2024).

"Delaying sistem ini memang harus kita lakukan karena kapasitas pelabuhan terbatas," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kakorlantas juga mengingatkan pengemudi yang akan melakukan perjalanan kembali ke Jakarta maupun ke Sumatera harus memastikan stamina dalam kondisi fit.

"Pastikan maksimal empat jam itu harus istirahat, manfaatkan untuk istirahat kerana dari dua kasus kecelakaan penyebab utamanya adalah kelelahan," tuturnya.

Aan juga mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan umum atau sewa agar memastikan kelayakan kendaraan dan mengunjungi tempat resmi.

"Jangan menggunakan kendaraan sewa yang tidak resmi karena kita tidak bisa menjamin kendaraan itu layak atau tidak," tukasnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut antara lain Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, Gubernur Lampung Arinal Djunaedi, Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana.

BERITA TERKAIT