test

News

Senin, 15 April 2024 19:09 WIB

Arus Balik Lebaran, Kapolri Siapkan Jalur Alteri Apabila Jalur Tol Penuh

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya akan menyiapkan jalur arteri sebagai alternatif, jika jalan tol ke Jakarta penuh pada puncak arus balik Lebaran 2024 yang diprediksi terjadi Senin (15/4/2024) malam.

Pernyataan ini disampaikan Kapolri Sigit saat meninjau pelaksanaan arus balik di KM 70 Tol Cikampek bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Apabila jalur tol tetap penuh, maka kami mempersiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif di titik-titik tertentu," ujar Kapolri Sigit kepada wartawan.

Menurut Sigit, pihaknya bakal memperhitungkan kapasitas jalur arteri. Dia mengatakan pihak tol dan petugas di jalur arteri bakal terus berkoordinasi untuk memperlancar arus balik ke Jakarta.

"Itupun juga kita atur kalau memang di jalur arteri maksimal itu per jamnya hanya 800 kendaraan, apabila lebih dari itu kita tidak akan masukkan. Jadi di antara petugas yang ada di jalan tol dan ada petugas yang di jalan arteri tentunya akan saling menginformasikan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Sigit, kebijakan satu arah atau one way dan contraflow di tol arah Jakarta tetap dilakukan. Dia mengatakan, Polri juga bakal melakukan pengalihan arus jika terjadi kemacetan di jalur arteri, terutama kawasan wisata.

"Kebijakan terkait one way, kemudian contraflow, tetap akan kita laksanakan termasuk juga pengalihan arus di jalur arteri juga tetap akan kita laksanakan," terangnya.

"Ini mohon juga masyarakat bisa memaklumi, karena memang itu harus kita lakukan agar yang akan melaksanakan balik kegiatan di jalur wisata, semuanya bisa terlayani dengan baik," imbuhnya.

BERITA TERKAIT