test

News

Selasa, 23 April 2024 14:07 WIB

Ini Enam Strategi Pemprov DKI Jakarta untuk Kendalikan Banjir

Editor: Fitriawan Ginting

Tim SAR Ditpolairud Polda Metro Jaya mengevakuasi warga yang terkena banjir di wilayah Cipinang Melayu serta Cipinang Muara beberapa waktu lalu. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum menyampaikan enam strategi yang disiapkan untuk mengendalikan banjir yang kerap melanda beberapa wilayah DKI Jakarta.

“Berbagai inovasi pengendalian banjir telah kami lakukan dan akan terus dilanjutkan untuk meminimalkan dampak curah hujan yang tinggi. Inovasi ini mulai dari pembangunan infrastruktur pengendali banjir di berbagai wilayah Jakarta,” kata Ika Agustin, Senin (22/4/2024).

Ditambahkan Ika, optimalisasi pemeliharaan sarana prasarana pengendali banjir. Kemudian, menyiapkan waduk, penguatan tanggul kali, pembangunan sistem polder, pengecekan berkala rumah pompa, dan penyiagaan Satgas di lapangan.

“Kami juga akan membangun delapan waduk dengan enam pembangunan lanjutan. Waduk Marunda, Waduk Dukuh 2, Waduk Munjul, Waduk Cilangkap, revitalisasi Embung Kaja, dan penyelesaian Embung Pekayon,” urainya.

Menurutnya, dua waduk yang akan dibangun yakni embung SDN 01 Petukangan Selatan dan Embung Jalan Pemuda Srengseng Sawah. Nantinya, waduk akan dikosongkan untuk menampung air dan mengantisipasi terjadinya genangan.

“Pemprov DKI Jakarta juga memasang sheet pile di sisi kali untuk menanggulangi tanah longsor di sekitar kali. Seperti di Kali Pesanggrahan, Jakarta Barat dan Kali Sunter segmen Pompa Pulomas, Jakarta Utara,” jelas Ika.

Ika mengatakan pihaknya juga membangun lima sistem polder atau pompa, dua pompa stasioner sedang direvitalisasi. Lalu ada 580 unit pompa stasioner di 202 lokasi, dan 557 unit pompa mobile di lima wilayah Jakarta.

"Lalu ada 845 unit pintu air di 589 lokasi, 254 unit alat berat, 460 unit dump truck. Selanjutnya menyiagakan 4.013 personel pasukan pengendalian banjir dan pengelolaan pesisir pantai," tandas Ika.

BERITA TERKAIT