test

News

Selasa, 23 April 2024 13:36 WIB

Usai Direkonstruksi, Jokowi Resmikan 147 Bangunan Terdampak Gempa di Sulbar

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi ratusan bangunan yang terdampak bencana gempa bumi di Sulawesi Barat. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi ratusan bangunan yang terdampak bencana gempa bumi di Sulawesi Barat, Selasa (23/04/2024).

"Alhamdulillah berkat kerja keras kita semuanya, hari ini akan kita resmikan 147 bangunan yang telah direhabilitasi dan telah direkonstruksi di Sulawesi Barat pascabencana," ungkap Presiden Jokowi di SMK Negeri 1 Rangas.

"Dan juga pembangunan tiga ruas jalan sepanjang 22,4 kilometer yang ditangani dengan Inpres Jalan Daerah," sambungnya.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur dan bangunan tersebut dilakukan dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,31 triliun.

Adapun rekonstruksi mencakup 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan, 1 gedung peribadatan, 1 fasilitas olahraga, 7 rumah susun, 2 rumah adat, dan 17 prasarana air minum.

"Rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur yang kita bangun di Mamuju dan pada umumnya di Provinsi Sulawesi Barat ini atas instruksi dan perintah langsung yang saya sampaikan pada saat gempa yang lalu," tuturnya.

Jokowi menambahkan, bangunan SMKN 1 Rangas merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang direkonstruksi. Ke depan, pemerintah juga akan membangun fasilitas tambahan berupa asrama di sekolah ini.

"Sebentar lagi akan kita bangun asramanya atas permintaan Kepala Sekolah, Ibu Bupati, dan juga Pak Gubernur," ucapnya.

Selain itu, lanjut Jokowi, pemerintah juga akan memberikan mobil listrik yang dapat dipergunakan untuk bahan praktik di SMKN 1 Rangas. "Tadi ada permintaan karena di tempat praktik yang ada hanya mobil combustion, mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik," terangnya.

"Sehingga perlu praktik juga isinya di dalam mobil listrik itu apa. Siang ini saya kirim mobil listrik untuk praktik, bukan untuk dikendarai," imbuhnya.

Hadir mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakhrullah, dan Bupati Kabupaten Mamuju Sitti Sutinah Suhardi.

BERITA TERKAIT