test

Kesehatan

Kamis, 25 April 2024 12:35 WIB

Coba Deh, Lima Aktivitas Seni Ini Ampuh Jaga Kesehatan Mental

Editor: Hadi Ismanto

Gangguan kejiawaan atau kesehatan mental. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Kesehatan mental adalah istilah yang menggambarkan kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Saat kesehatan mental terjaga tentu akan lebih mudah dalam menangani stres dan depresi.

Sebagaimana dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis (25/4/2024), Anda bisa mencoba lima terapi seni untuk menjaga kesehatan mental. Berikut ulasannya:

1. Bikin Gerabah Tanah Liat
Membuat gerabah dari tanah liat bisa membantu melatih motorik tangan dan mengalihkan fokus kepada hasil karya seni yang hendak Anda buat.

Menyentuh tekstur tanah liat bisa menjadi media untuk grounding. Tanah liat dapat membantu menenangkan diri dari pikiran cemas dan menyalurkan energi ke dalam proses penciptaan.

2. Melukis Diiringi Musik
Mendengarkan musik sambil melukis ataupun membuat sketsa gambar bisa membantu mengatasi gejala depresi lho. Aktivitas ini mampu meningkatkan mood dan merangsang kreativitas.

Kombinasi musik dan seni visual bisa sangat membangkitkan semangat bagi individu yang mengalami depresi.

3. Fotografi
Fotografi bisa mengatasi gangguan kecemasan, sebab kegiatan ini dapat membantu pikiran lebih fokus pada keindahan dunia luar dan mengalihkan fokus dari tekanan internal.

Fotografi mendorong perhatian dan dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengelola kecemasan melalui ekspresi kreatif.

4. Bikin Jurnal Harian
Membuat jurnal harian atau yang sering disebut Journaling menjadi salah satu aktivitas untuk mencegah sekaligus mengatasi depresi. Ketika Anda tidak memiliki rekan untuk mencurahkan isi hati, Anda bisa menuangkan emosi serta perasaan Anda melalui kata-kata lewat journaling.

Latihan ini dapat membantu individu memproses perasaan mereka setiap hari dan melacak suasana hati mereka dari waktu ke waktu.

5. Merajut
Merajut menjadi salah satu kegiatan yang sedang digandrungi banyak orang lho. Aktivitas ini bisa menghadirkan rasa kegembiraan dan menghidupkan kembali semangat.

Tak cuma itu, merajut juga sangat bermanfaat dalam berhubungan kembali dengan inner child dan saat-saat bahagia yang lebih sederhana.

BERITA TERKAIT