test

News

Sabtu, 27 April 2024 12:49 WIB

Wajib Tahu, Ini Enam Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbar

Editor: Hadi Ismanto

Air rebusan ketumbar ternyata bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Walmart)

PMJ NEWS - Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat ketumbar bagi kesehatan karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

Membuat air rebusan ketumbar juga cukup mudah. Bisa dengan merendamnya dengan air semalaman dalam wadah, bisa juga menyangrai ketumbar terlebih dahulu kemudian baru direndam semalaman, atau bisa juga dengan menyangrai ketumbar lalu merebusnya.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (27/4/2024), berikut sederet manfaat air rendaman ketumbar:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Manfaat air rendaman ketumbar ternyata bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan anti-oksidan yang mampu membantu peregangan usus.

Bahkan air rendaman ketumbar ini mampu mengatasi sindrom iritasi pada usus besar, diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. Dan terakhir bisa membantu memproduksi enzim pencernaan.

2. Baik untuk Penderita Diabetes
Manfaat air rendaman ketumbar ini terbilang cocok untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena rempah seperti ketumbar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan serat ini kemudian dapat membantu penderita diabetes menurunkan kadar gula darahnya.

Meskipun begitu, sebelum mengonsumsi air rendaman ketumbar akan lebih baik untuk mengonsultasikan dulu dengan dokter. Atau juga selalu memeriksa kadar gula darah untuk mengamati efektivitas penggunaan air ketumbar.

3. Peradangan
Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu mengobati peradangan. Peradangan yang dimaksud ini seperti yang terjadi karena jerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan anti-bakteri dalam ketumbar.

Bahkan air rendaman ketumbar juga dapat membantu meremajakan kulit seperti mengatasi kulit berminyak, dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu juga dapat membuat kulit terhindar dari iritasi dan infeksi.

4. Mengontrol Kadar Kolesterol
Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah manusia. Karena jika kolesterol tidak terkontrol, akan membuat peredaran darah menjadi terhambat hingga menghambat fungsi jantung. Namun, ini tetap harus dikonsultasikan ke dokter.

5. Redakan Nyeri Sendi
Manfaat air rendaman ketumbar ternyata bisa membantu mengatasi permasalahan sendi. Termasuk meringankan nyeri sendi. Hal ini disebabkan karena sifat analgesiknya dan kandungan asam linoleate dalam air rendaman ketumbar.

6. Wasir
Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu mengatasi wasir. Hal ini disebabkan karena sifat analgesik yang membantu meredakan sakit akibat wasir.

Wasir ini sebenarnya disebabkan oleh sembelit dan konstipasi, dan keduanya ini dapat dicegah juga dengan air rendaman ketumbar hingga mencegah terjadinya wasir.

BERITA TERKAIT