test

News

Rabu, 1 Mei 2024 14:36 WIB

Kawal Aksi May Day, Polisi Dilarang Bawa Senpi-Utamakan Pelayanan Humanis

Editor: Hadi Ismanto

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat memberikan arahan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polres Metro Jakarta Pusat menyebut sebanyak 3.454 anggota Polri, TNI, Satpol PP, Damkar hingga Dishub dikerahkan untuk pengamanan dan memperlancar peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.

Hari ini kami siap mengamankan buruh dan elemen masyarakat yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 3.454 personel gabungan," ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Rabu (1/5/2024).

"(Para personel gabungan) nantinya akan dibagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas dan GBK," sambungnya.

Lebih lanjut Susatyo menjelaskan, seluruh personel yang terlibat pengamanan tidak diperkenankan membawa senjata api maupun sangkur. Mereka juga diminta untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan serta humanis.

"Tidak ada anggota yang membawa senjata api maupun sangkur. Semua perintah dan kendali dari saya, tidak ada gerakan tambahan lainnya yang bersifat pribadi. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan baik dan humanis," terangnya.

Selain menerjunkan ribuan personel gabungan, Susatyo juga menjelaskan pihak kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Kendati begitu, rekayasa tersebut hanya bersifat situasional.

"Sementara itu untuk rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. Apabila para pengunjuk rasa mulai berdatangan maka jalur yang akan kita tutup dan kita alihkan," tuturnya.

BERITA TERKAIT