test

Hukrim

Jumat, 18 Oktober 2019 08:08 WIB

Pemimpin Demonstran Hong Kong Diserang Orang Misterius

Editor: Redaksi

Penyerangan terhadap pemimpin demonstran Hong Kong Jimmy Sham. (Foto: PMJ News).

PMJ – Pemimpin demonstran Hong Kong Jimmy Sham dari Front HAM Sipil (CHRF), diserang sekelompok orang misterius dengan membawa palu di distrik Mong Kok, Kowloon dan berakhir dengan dilarikan ke rumah sakit berlumuran darah.

CHRF mengungkapkan bahwa serangan tersebut diluncurkan oleh sekelompok misterius, sebanyak lima orang yang membawa palu kepada Sham yang mengakibatkan luka di bagian kepala.

Penyerangan terhadap pemimpin demonstran Hong Kong Jimmy Sham. (Foto: PMJ News).

Sementara, Badan pembela Hak Asasi Manusia (HAM) tersebut juga mengkaitkan serangan itu dilakukan oleh pendukung pemerintah yang juga dicurigai menyerang aktivis demonstran lainnya di beberapa bulan sebelumnya.

"Tidak sulit untuk menghubungkan insiden ini dengan teror politik yang menyebar untuk mengancam dan menghambat pelaksanaan yang sah dari hak-hak alam dan hukum," demikian kata CHRF dalam sebuah pernyataannya.

Pemimpin demonstran Hong Kong Jimmy Sham. (Foto: PMJ News).

Insiden ini bahkan mendapatkan atensi dari Amnesty International, yang mendesak adanya investigasi terhadap serangan kepada Sham dan juga aktivis demonstran lainnya.

Sekedar informasi, Jimmy Sham adalah aktivis politis di Hong Kong, seringkali dikenal mendukung hak-hak kaum LGBT. Sham juga merupakan salah satu pemimpin CHRF, yang dikenal sering meluncurkan demonstrasi tanpa kekerasan di jalanan sejak Juni lalu. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT