test

VIDEO

Selasa, 21 Maret 2023 16:28 WIB

Diburu Pengadilan Kriminal, Putin Santai Bertemu Presiden XI Jinping

Editor: Langit

PMJ NEWS -  Presiden Rusia Vladimir Putin dengan hangat menyambut kedatangan Presiden China Xi Jinping pada Senin (20/3/2023). Keduanya disebut saling menyapa dengan sebutan "dear friend" saat bertemu di Istana Kepresidenan Kremlin. Momen ini menunjukkan hubungan kedua pemimpin yang semakin mesra.

Xi Jinping Tiba di Moskwa Disambut Putin, Ini Agenda Kunjungannya Kantor berita Rusia, TASS, pada Selasa (21/3/2023) melaporkan, kedua pemimpin negara telah melakukan pertemuan informal selama hampir 4,5 jam. Pertemuan antara Putin dan Xi Jinping dimulai pada pukul 16.36 waktu Moskwa. Dalam pertemuan dengan Xi Jinping, Putin salah satunya menyampaikan bahwa Rusia dan China memiliki banyak tujuan dan tugas yang sama. "Kita memiliki banyak tujuan dan tugas yang sama. Saya tahu bahwa Anda pribadi, semua teman-teman China kami sangat memperhatikan perkembangan hubungan China-Rusia," kata Putin kepada Xi. TASS melaporkan, Presiden Rusia juga menyinggung masalah Ukraina. Dia mengatakan kepada Xi Jinping, bahwa dirinya siap untuk membahas proposal perdamaian Ukraina yang dibuat China. “Kami selalu terbuka untuk negosiasi,” kata Putin kepada Xi. "Kami pasti akan membahas semua masalah ini, termasuk inisiatif Anda yang tentu saja kami perlakukan dengan hormat," tambahnya.

TASS melaporkan, dalam pertemuan dengan Xi, Putin sempat pula mengatakan bahwa perputaran perdagangan antara Moskwa dan Beijing telah naik lebih dari dua kali lipat pada tahun 2022 menjadi 185 miliar dollar AS.

Sementara itu, Xi Jinping memuji "hubungan dekat" negaranya dengan Rusia dalam pertemuan pertamanya dengan Putin. "Kita adalah mitra dalam kerja sama strategis yang komprehensif. Status inilah yang menentukan bahwa harus ada hubungan erat antara negara kita," kata Xi, menurut pernyataan terjemahan yang disiarkan oleh televisi Pemerintah Rusia, dikutip dari AFP. Xi Jinping diagendakan berada di Rusia selama tiga hari. Setelah melakukan pertemuan informal dengan Putin di hari pertama, Xi dijadwalkan akan melakukan pembicaraan formal pada hari ini, Selasa (21/3/2023). TASS menyebut hari Selasa ini menjadi hari utama negosiasi antara Rusia dan China, ketika para pemimpin negara akan bergabung dengan anggota delegasi mereka. Xi Jinping juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin pada Selasa pagi.

Selengkapnya di www.pmjnews.com
Download aplikasi pmjnews
Cek selalu story pmjnews