test

News

Kamis, 23 April 2020 16:23 WIB

Kabar Baik, Alat Uji PCR Buatan Dalam Negeri Segera Diproduksi

Editor: Hadi Ismanto

Rapid test atau RT-PCR bisa dilakukan untuk pemeriksaan virus corona (Foto: Dok Net)

PMJ - Alat uji test kit berbasis polymerase chain reaction (PCR) merupakan sarana standar yang cukup akurat dalam mendiagnosa infeksi virus corona. Teknologi ini memeriksa sampel genetika yang diambil dari rongga hidung atau mulut pasien (swab).

Jika belakangan pengadaan sarana ini harus melalui impor, kini sebuah perusahaan dalam negeri telah menyelesaikan prototipe alat uji PCR ini. Bahkan kini tengah memasuki tahap uji coba dan akan segera diproduksi.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut alat uji PCR ini adalah hasil pengembangan dari Kemenristek melalui Badan Penerapan Pengkajian Teknologi (BPPT) dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi.

"Saat ini prosesnya telah memasuki uji coba pertama untuk produksi," ujar Wiku di Jakarta, Kamis (23/4/3030).

Lebih lanjut, Wiku mengatakan bahwa sebelum pengembangan oleh BPPT ini Indonesia memang harus mengimpor alat PCR "Untuk mengakselerasi, pemerintah Indonesia masih menggunakan reagen impor untuk memenuhi kebutuhan dalam pemeriksaan," tuturnya.

Sebelumnya, Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menjelaskan bahwa PCR buatan lokal ini digunakan untuk mengetes keberadaan virus corona varian transmisi lokal.

"Mudah-mudahan bulan depan (Mei) sudah bisa dimulai produksi pertama,” ucap Bambang, Rabu kemarin.(Hdi)

BERITA TERKAIT