test

News

Senin, 20 April 2020 14:15 WIB

Dokter Hewan di Video Luna Maya Diminta Hati-hati Bicara Soal Covid-19

Editor: Fitriawan Ginting

Video Luna Maya dengan dokter hewan soal corona ramai dibicarakan. (Foto : PMJ/Doknet).

PMJ- Artis Luna Maya berbincang dengan dokter hewan, Moh Indro Cahyono terkait virus corona (Covid-19). Perbincangan itu terekam dalam video yang tersebar luas dan membuat heboh masyarakat.

Dalam video itu, dokter hewan Indo Cahyono menyatakan, bahwa virus corona tidak ganas dan tidak mematikan. Akibat video tersebut, sebuah pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) yang meminta agar anggotanya untuk berhati-hati dalam membuat pernyataan. Hal itu terlihat dalam surat berlabel 'Excecutive Note'.

"Kami mengharapkan kepada dokter hewan ini pertama mendukung program pemerintah. Kemudian kedua, tidak memberikan statement yang sifatnya membuat bingung masyarakat dan tidak membuat galau masyarakat," jelas Ketua PB PDHI, drh H M Munawaroh, MM.

Berikut isi pernyataan lengkapnya :

Executive Note
drh H M Munawaroh, MM
Ketua Umum PB PDHI
Dear Para Kolega Dokter Hewan di Indonesia.
PDHI menyampaikan pesan kepada seluruh Kolega

Dimasa pandemi covid 19 ini bila menyampaikan pendapat di media sosial yang berkaitan dengan Covid 19 supaya hati-hati agar tidak membuat resah dan membuat bingung masyarakat karena ini bukan ranah Dokter Hewan meskipun kita ada pemahaman.

Kita sebagai Dokter Hewan harus bisa mendukung dan menghargai profesi Dokter Manusia yang telah berjibaku menangani pasien covid 19 di Rumah Sakit.

Mari kita dukung program pemerintah dengan menyampaikan pesan yang bijak sesuai yang disampaikan oleh pemerintah yaitu :

  1. Lakukan cuci tangan sesering mungkin
  2. Jaga jarak bila bertemu dengan orang minimal 1 sampai 2 meter.
  3. Jangan berkumpul lebih dari 5 orang.
  4. Gunakan masker bila keluar rumah.
  5. Tidak keluar rumah bila tidak ada yang penting.
  6. Bantu sosialisasi ke masyarakat.

Kita yakin bahwa pandemi covid 19 pasti akan segera berakhir dan pasti ada hikmah dibalik pandemi ini. Semoga kita selalu sehat dan terhindar dari infeksi covid-19.

BERITA TERKAIT