test

News

Senin, 24 Mei 2021 15:20 WIB

Wamenkes: Evaluasi Vaksin AstraZeneca Selesai Pekan Ini

Editor: Hadi Ismanto

Wamenkes, dr Dante Saksono. (Foto:PMJ News/YouTube BNPB)

PMJ NEWS - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono memastikan efektivitas dan keamanan dari penggunaan vaksin AstraZeneca. Menurutnya, vaksin ini telah digunakan lebih dari 1 miliar vaksinasi di seluruh dunia.

Kendati demikin, Dante mengakui angka kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dari vaksin AstraZeneca lebih tinggi sedikit daripada vaksin Sinovac. Rencananya, Kemenkes akan mengeluarkan hasil kajian KIPI vaksin AstraZeneca pada pekan ini.

"Evaluasi sedang kita lakukan dan memang yang paling penting adalah evaluasi KIPI-nya ini," ujar Dante ketika menghadiri vaksinasi Covid-19 bagi relawan kasus kekerasan perempuan dan anak di Perpusnas, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021).

"Kalau yang sudah diimunisasi ada kejadian-kejadian efek samping akibat vaksinasi ini, boleh melapor ke center vaksinasi yang ada dan untuk hasil kajian KIPI dengan batasan usia sedang kami bahas dan dalam minggu-minggu ini kita keluarkan,” sambungnya dikutip rilis Kemenko PMK.

Dia menambahkan, pemerintah akan terus melakukan upaya percepatan vaksinasi. Kemenkes menargetkan percepatan vaksinasi mencapai 1 juta vaksinasi perhari dengan asumsi vaksinasi yang ada saat ini sudah cukup ditambah vaksinasi gotong-royong.

BERITA TERKAIT