test

News

Kamis, 12 Agustus 2021 15:35 WIB

Wapres: Pandemi Miliki Dampak Positif, Bisa Percepat Digitalisasi UMKM

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kota Tangerang. (Foto: PMJ News/YouTube Wakil Presiden RI).

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin menyebut digitalisasi semakin relevan dan strategis bagi Usaha Mikor, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk tetap bertahan serta berperan sebagai penggerak utama pemulihan ekonomi.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Peringatan Puncak Hari UMKM Nasional Tahun 2021 Peresmian Logo Baru Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (12/8/2021).

"Pandemi memang telah menghantam sebagian besar bisnis UMKM, namun pandemi juga membawa dampak positif, salah satunya mempercepat digitalisasi UMKM," jelas Ma'ruf Amin.

Selain itu, kata Wapres, digitalisasi UMKM ini harus juga diimbangi dengan dua prasyarat. Pertama peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha UMKM dan dukungan kebijakan akses pasar bagi produk UMKM.

Ma'ruf Amin mengatakan, untuk mendukung hal tersebut maka dibutuhkan juga komitmen bersama untuk melakukan pembinaan dan pendampingan guna mendorong produktivitas UMKM. Sehingga mampu meningkatkan kapasitas produksi serta kualitas produknya.

"Pendampingan dan pengembangan UMKM, khususnya UMKM potensial ekspor harus didukung dengan fasilitas kemudahan pembiayaan, serta kolaborasi dengan usaha besar," tukasnya.

BERITA TERKAIT