test

News

Kamis, 26 Agustus 2021 15:35 WIB

Jokowi: Tetap Menjaga Gas dan Rem, Angka Covid-19 Turun dan Ekonomi Pulih

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Presiden Jokowi. (Foto: Instagram Setpres)

PMJ NEWS - Penanganan pandemi Covid-19 harus seimbang agar kondisi ekonomi segera membaik. Presiden Joko Widodo mengibaratkan, menjaga gas dan rem harus terus dilakukan selama pandemi Covid-19.

"Kita tetap harus menjaga gas dan rem. Ini agar betul-betul berada di keseimbangan yang baik. Artinya Covid-19 nya tahap demi tahap bisa kita turunkan, bisa kita kurangi," ujar Jokowi dalam Sarasehan 100 Ekonom yang ditayangkan YouTube INDEF, Kamis (26/8/2021).

"Sehingga angka penularan kasus bisa dikurangi dan perekonomian berangsur pulih," lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, semua yang berkaitan dengan Covid-19 akan berimbas kepada ekonomi. Sehingga, jika penanganan pandemi berjalan baik dan mampu menurunkan kasus positif, perekonomian bisa kembali naik secara bertahap.

Jokowi mencontohkan, kondisi seperti ini terjadi pada kuartal kedua 2021.
Namun, Kepala Negara juga mengakui ada potensi pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga 2021 ini akan lebih rendah dibandingkan kuartal kedua.

"Kita pastikan bahwa pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga akan lebih rendah dari kuartal yang kedua," ucap Jokowi.

"Tetapi ke depan saya kira strategi besar ekonomi kita, strategi besar bisnis negara ini ada tiga hal. Pertama, hilirisasi industri, kedua digitalisasi UMKM, metiga kita harus mulai masuk ke ekonomi hijau," lanjutnya.

BERITA TERKAIT