test

News

Kamis, 23 September 2021 11:05 WIB

Penumpang dari Luar Negeri yang Tiba di Soetta Wajib Jalani Tes Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Bandara Soekarno Hatta. (Foto: PMJ News/Hadi).

PMJ NEWS -  Pihak Bandara Soekarno-Hatta menerapkan ketentuan di dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan No.77/2021 yang merupakan perubahan atas SE Kemenhub Nomor 74/2021.

Menurut keetntuan SE itu, salah satu aturan yang harus dipenuhi oleh seluruh penumpang dari luar negeri yaitu menjalani tes Covid-19 yakni tes molekuler isotermal (NAAT/jenis lainnya) di bandara kedatangan yang hasilnya dapat diterbitkan paling lama 1 jam atau tes RT-PCR.

Direktur Utama (Dirut) AP II Muhammad Awaluddin menerangkan, ketentuan ini sudah dijalankan dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta, di mana seluruh penumpang dari luar negeri yang baru mendarat langsung menjalani tes PCR di Terminal 3.

Hal itu harus dilakukan sebelum memproses keimigrasian untuk masuk wilayah Tanah Air.

Awaluddin melanjutkan, sejauh ini pelaksanaan PCR bagi penumpang dari luar negeri berjalan lancar karena kolaborasi erat di antara stakeholder di Bandara Soetta.

“AP II selaku operator bandara berterima kasih atas dukungan stakeholder yakni Otoritas Bandara Wilayah I, KKP Kementerian Kesehatan, maskapai, ground handling, Satgas Udara Penanganan Covid-19, Polri, dan tentunya seluruh penumpang pesawat internasional,” ucapnya melalui siaran pers kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

“Sehingga bersama-sama kami mampu menjalankan kewajiban PCR di area kedatangan internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan baik,” tambahnya.

Adapun laboratorium penyedia jasa tes PCR di Terminal 3 Bandara Soetta  juga mempunyai peralatan untuk melakukan Tes Cepat Molekuler metode Real Time RT-PCR. Yang mana, metode tersebut telah mendapat persetujuan sesuai dengan SE Kemenhub No.77/2021.

“Dengan hasil dapat diketahui paling lama satu jam, maka ini sangat membantu proses tes di mana alur kedatangan internasional dapat tetap lancar dan penumpang yang baru mendarat pun tidak harus menunggu terlalu lama untuk menunggu hasil tes,” pungkasnya.

Sebagai informasi, AP II bersama stakeholder juga melakukan pengaturan slot penerbangan, parking stand pesawat, gate kedatangan, dan holding bay bagi penumpang internasional sebelum melakukan tes PCR.

BERITA TERKAIT