test

Entertainment

Kamis, 3 Februari 2022 12:35 WIB

Pernah Jadi Korban, Luna Maya Bagi Tips Hindari Penipuan Online

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Artis Luna Maya. (Foto: PMJ News/Instagram @lunamaya)

PMJ NEWS - Artis Luna Maya ternyata pernah menjadi korban penipuan online. Mantan kekasih Ariel NOAH itu dibuat rugi Rp1,9 juta atas ulah penipu yang mengklaim mengatasnamakan provider salah satu perusahaan telekomunikasi ternama di tanah air.

Kisah ini Luna bagikan di channel YouTubenya yang dikutip Kamis 3/2/2022).

Sejak awal, Luna mengaku curiga karena seseorang tak dikenal menghubunginya via ponselnya. Kecurigaan Luna bertambah ketika gaya berbicara orang tersebut tidak seperti customer service pada biasanya.

“Itu kayak dihipnotis ya, kita kayak dibikin sibuk terus disuruh melakukan ini, itu. Kayak seolah-olah beneran mau dapat. Kayak nggak dikasih napas buat mikir,” cerita Luna.

Meskipun sudah merasakan ada sesuatu yang aneh, Luna Maya tetap mengikuti arahan dari penipu.

Sampai akhirnya Luna memberikan kode OTP yang harusnya tidak boleh diberikannya kepada siapapun.

“Sering bilang ke orang yang kena tipu, bego kok bisa (kena tipu). Tololnya gue juga kena ya ampun,” katanya.

Dari kasus tersebut, Luna Maya memberikan tiga tips sederhana untuk mengenali sebuah tindakan penipuan melalui sambungan telepon.

Pertama, ia meminta melihatnya dari sisi nomor milik pelaku. Kasus penipuan biasanya menggunakan nomor biasa atau nomor tak semestinya yang berlaku di Indonesia. Dalam kasus Luna Maya, si penipu menggunakan nomor berawalan +1.

Kedua, kalau suaranya nggak enak didengar sudah pasti penipu.

Ketiga, jika penipu meminta nomor tertentu dengan alasan apapun itu sudah pasti kasus penipuan. Karena nomor yang diminta biasanya merupakan kode OTP untuk penipu dapat masuk dan melakukan transaksi.

BERITA TERKAIT