test

News

Rabu, 11 Mei 2022 09:07 WIB

Satgas: Mudik Lebaran Tandakan Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini menunjukan Indonesia cukup tangguh menghadapi pandemi Covid-19.

Apalagi Indonesia mampu mempertahankan kasus agar tetap rendah dan menciptakan kondisi aman dalam perayaan hari besar seperti Idul Fitri.

"Tentunya, ini momentum penting dan menandakan Indonesia cukup tangguh dan resilience dalam menghadapi pandemi Covid-19," ungkap Wiku saat konferensi pers yang dikutip pada Rabu (11/5/2022).

Wiku menyebut beberapa negara, termasuk Indonesia memang mulai melonggarkan pengaturan perjalanan secara berkala. Hal ini seiring penurunan kasus Covid-19 di tingkat global.

Keputusan ini diambil dengan mengevaluasi perkembangan Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia, terutama pada daerah-daerah tujuan mudik terbesar yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, DIY, Lampung, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

Wiku mengatakan, kasus positif, kasus aktif, kematian, BOR, serta positivity rate di delapan wilayah yang terus mengalami penurunan signifikan menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan tersebut.

"Namun, penting untuk mengevaluasi kembali indikator-indikator perkembangan kasus Covid-19 pasca periode libur panjang," ujarnya.

Kendati demikian, Wiku mengingatkan dengan mobilitas yang tinggi serta kemungkinan lengahnya protokol kesehatan saat kegiatan berkumpul, masih ada potensi peningkatan penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

"Pada pembelajaran libur panjang sebelumnya, dampak periode libur panjang terhadap perkembangan kasus baru dapat dilihat dua sampai tiga minggu pasca periode tersebut," tukasnya.

BERITA TERKAIT