test

News

Selasa, 24 Mei 2022 18:23 WIB

Menhub: Angka Kecelakaan Selama Mudik Lebaran Turun Drastis

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub).

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut angka kecelakaan di masa mudik Lebaran 2022 menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kecelakaan turun 40 persen, meninggal dunia turun 72 persen. Satu angka yang sangat signifikan jumlah kecelakaan," ujar Menhub Budi dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretarian Presiden, Selasa (24/3/2022).

Lebih lanjut Budi mengatakan, pengguna mudik dengan motor berkurang membuat angka kecelakaan pun berkurang. Selain itu, ada penurunan angkutan mudik menggunakan bus pariwisata.

"Dua sebab yang terjadi. Satu menurunnya jumlah pengguna motor, menurun sangat derastis," tegasnya.

"(Kemudian) menurunnya angkutan wisata seperti yang kita ketahui, bahwa bus angkutan wisata adalah bus bekas AKAP yang digunakan secara individual dan kadang-kadang tidak terlacak, apakah sopir bener, bus bener," sambungnya.

Dua hal itu, lanjut Budi, telah diimbau jauh hari sebelum masa mudik Lebaran tiba. Dia pun memberikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mengikuti imbauan tersebut.

"Terima kasih kepada pengguna motor, karena kita imbau, dan kita juga imbau kepada Polda, Dishub, untuk melakukan law enforcement terhadap bus wisata. Karena bus wisata bahaya," tukasnya.

BERITA TERKAIT