test

News

Minggu, 5 Juni 2022 20:03 WIB

Marak Link Promo Penipuan, KAI Imbau Masyarakat Berhati-hati

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Ilustrasi penyebaran konten hoax. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Beberapa hari terakhir marak beredar link penipuan mencatut nama PT Kereta Api Indonesia (KAI). Penipuan itu berisi promo yang mengatasnamakan Program Promo KAI.

Link penipuan yang beredar mempunyai alamat seperti biscuitfabrication atau conceptualcnfide atau flamestaple atau cleansecredential yang seluruhnya memililki akhiran  .top.

Pihak KAI membantah dan menyatakan bahwa berita tersebut adalah informasi bohong (hoax).

PT KAI mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap kejahatan  siber, yang salah satunya dengan cara scam/phishing yang beredar di media sosial dan grup obrolan.

PT KAI melalui VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak asal sembarang klik link/tautan promo dan melangkah-langkah yang diperintahkan seperti mengisi data pribadi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus. (Foto: Pemprov Jabar)
VP Public Relations KAI Joni Martinus. (Foto: Pemprov Jabar)

Pihaknya juga menegaskan agar warga untuk tidak menyebarluaskan tautan penipuan ke pada orang lain.

"Jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut,” terang Joni, dalam keterangan pers resminya, Minggu (5/6/2022).

“Kemudian juga jangan menyebarluaskan link/ tautan mencurigakan tersebut," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Joni mengkhawatirkan jika dalam tautan tersebut berisi virus dapat membahayakan karena hal tersebut sudah direncanakan untuk mencuri uang atau mengambil alih data dengan cara membohongi atau menipu  pihak lain.

Joni juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengecek segala informasi yang berkaitan dengan KAI di media sosial atau website resminya.

"Diharapkan berhati-hati terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI,” ucapnya.

“Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121," tandasnya.

BERITA TERKAIT