test

News

Selasa, 4 Oktober 2022 11:22 WIB

Jokowi Minta Menkes Konsultasi ke WHO Soal Status Pandemi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkonsultasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait status pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menkes Budi seusai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (03/10/2022).

"Pak Presiden meminta saya konsultasi dengan Dirjen WHO. Dirjen WHO bilang, kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan," jelas Budi Gunadi.

Menurut Budi, WHO merupakan pihak yang berwenang untuk menyatakan pencabutan status pandemi Covid-19. Jadi keputusan pencabutan status pandemi ini bergantung dari WHO.

"Khusus mengenai pandemi ini, karena ini sifatnya dunia nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan. Di WHO ada namanya public health emergency of international concern (PHEIC), itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia yang akan meresmikan," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai saat ini pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Kepala Negara menyebut kemungkinan pemerintah segera menyatakan pandemi berakhir.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam acara peluncuran gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

"Pandemi memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir," ujar Jokowi seperti dilihat dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

BERITA TERKAIT