test

News

Minggu, 30 Oktober 2022 11:04 WIB

Wakapolri: Polri Siap Amankan Pengamanan Dampak Resesi Ekonomi Global

Editor: Hadi Ismanto

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono beri keterangan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menyatakan kesiapan polisi untuk melakukan pengamanan atas dampak resesi ekonomi global yang muncul pada kehidupan masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakapolri Komjen Gatot usai menghadiri pengukuhan dua guru besar Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (29/10/2022).

"Terkait prediksi resesi ekonomi, polisi selalu siap karena tugas polisi memelihara keamanan, penegakan hukum, melindungi, dan mengayomi masyarakat," ungkap Gatot.

Diketahui, banyak pengamat memprediksi pada 2023 kondisi perekonomian global diperkirakan akan menghadapi resesi. Sejumlah negara akan mengalami keruntuhan, banyak perusahaan bangkrut dan PHK terjadi secara besar-besaran.

Dengan situasi tersebut, menurut Gatot, tidak menutup kemungkinan menimbulkan potensi kerawanan dan tindakan kriminal di tengah masyarakat.

Untuk itu, aparat kepolisian akan selalu siap dalam menciptakan rasa aman di tengah masyarakat karena selama ini setiap anggota polisi sudah dibekali langkah-langkah cara pengamanan.

"Setiap anggota polisi sudah dibekali cara-cara dalam mengendalikan pengamanan, baik dalam situasi yang kondusif maupun situasi yang genting," ujarnya.

Gatot menambahkan hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui cara penindakan sehingga Polri bisa melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganannya.

"Polri akan mendata potensi-potensi yang timbul dari resesi ekonomi, termasuk persoalan yang muncul, untuk mencari cara penindakan agarbisa ditemukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan terbaik," tukasnya.

BERITA TERKAIT