test

News

Jumat, 2 Desember 2022 09:06 WIB

Hari Ini, Komisi I DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Editor: Hadi Ismanto

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Komisi I DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

"Sesuai keputusan Bamus, Komisi I akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI," ujar Anggota Komisi I DPR, TB Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/122022).

Sebelum melaksanakan fit and proper test, lanjut Hasanuddin, Komisi I akan melakukan verifikasi data pribadi Yudo Margono. Dalam proses itu, dilakukan oleh pimpinan Komisi I DPR RI dan perwakilan fraksi di DPR RI.

"Lalu jeda, sholat Jumat dan sebagainya. Pada pukul 13.30 kita akan mulai dengan fit and proper test," terang Hasanuddin.

Hasanuddin menjelaskan, uji kelayakan dan kepatutan itu akan dimulai dengan paparan dari calon Panglima TNI selama 30 menit. Setelah itu, masing-masing anggota Komisi I DPR melemparkan pertanyaan atas materi yang dijelaskan.

"Kemudian di jawab oleh calon Panglima TNI kira-kira 20 menit. Kalau masih kurang ada pertanyaan lagi ditambah sesuai dengan kebutuhan, tetapi kita harapkan lebih cepat lebih bagus," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi I DPR RI menyebut Presiden Joko Widodo sudah menunjuk KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

"Saya dapat informasi bahwa yang ditunjuk itu adalah Kasal," ungkap anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) TB Hasanuddin, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

BERITA TERKAIT